Penyelamatan Hutan Lindung Tergantung Komitmen Bupati

“Misalnya ini adalah usulan pembuatan jalan hutan lindung. Maka kami tidak akan pernah menyetujui itu".

TRIBUN KALTIM / NIKO RURU
Polisi Khusus Kehutanan dan aktivis Gabungan Pemuda Pecinta Alam (Gappeta) Borneo menemukan aktivitas illegal logging di dalam kawasan Hutan Lindung Pulau Nunukan. 

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Niko Ruru

TRIBUNKALTIM.CO, NUNUKAN - Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Nunukan, Muhammad Nasir, menegaskan, perlu menyamakan persepsi semua pihak untuk melakukan penyelamatan kawasan Hutan Lindung Pulau Nunukan.

Sebab upaya tersebut menjadi tugas bersama.

“Namun saya ingin menyampaikan, yang paling penting di sini ketika kita ingin menyelamatkan hutan Nunukan adalah meminta komitmen penguasa yang ada di Nunukan ini. Dalam artian Bupati,” ujarnya.

Dia mengatakan, jika Bupati telah berkomitmen menyelamatkan Hutan Lindung Pulau Nunukan, tentu akan ada instruksi kepada seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) untuk tidak mengakomodir usulan kegiatan yang masuk di dalam kawasan Hutan Lindung Pulau Nunukan.

(Baca juga: Tiga WNA Diamankan, Imigrasi Surati Perwakilan China di Jakarta)

Nasir mengatakan, DPRD Kabupaten Nunukan dipastikan tidak akan mengakomodir jika mengetahui ada kegiatan yang dilaksanakan di dalam kawasan Hutan Lindung Pulau Nunukan.

“Misalnya ini adalah usulan pembuatan jalan hutan lindung. Maka kami tidak akan pernah menyetujui itu. Cuma kadang-kadang tidak semua kami tahu, karena apa? Karena kadangkala pengusulan itu, dengan usulan sangat tebal, waktunya sangat mepet sehingga kami tidak tahu,” ujarnya.

Selain itu, kata politisi Partai Keadilan Sejahtera ini, jika Bupati punya komitmen, tentu dia akan bekerjasama dengan kepolisian untuk menyelamatkan Hutan Lindung Pulau Nunukan.

“Jangan sampai terjadi seperti yang lalu. Pak Rahmad kasihan. Dia menjaga hutan lindung, malah dia yang dipenjara,” ujarnya. (*)

***

Perbarui informasi terkini, unik, dan menarik melalui medsos.

Join BBM Channel, invite PIN BBM C003408F9, Like fan page Facebook TribunKaltim.co, follow Twitter @tribunkaltim serta tonton video streaming Youtube TribunKaltim


Penulis: Niko Ruru
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved