Destinasi

Yuk. . . Berwisata Sembari Menikmati Gelaran Festival Erau di Kota Raja

Ada pula fashion adat Kutai, tradisi makan bersama di jalan raya sejauh satu kilometer (Beseprah), lomba permainan tradisional, lomba perahu naga, dll

TRIBUNKALTIM.CO -Tanggal 20-28 Agustus akan digelar perayaan Erau Adat Kutai & International Folk Arts Festival (EIF AF) di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Ada beragam rangkaian acara yang dapat Anda nikmati di pesta rakyat akbar Kutai Kartanagara ini, di antaranya adalah upacara adat pedalaman, orkestra musik tradisional, pertunjukan tarian massal, kirab budaya internasional, festival rakyat internasional, kunjungan budaya, green tenggarong, lomba foto, dekorasi lapangan, penampilan sanggar seni daerah, dan festival kuliner.

Ada pula fashion adat Kutai, tradisi makan bersama di jalan raya sejauh satu kilometer (Beseprah), lomba permainan tradisional, lomba perahu naga, lomba pacu perahu motor, Erau expo, city tour, dan bazaar rakyat.

Untuk menyaksian EIFAF secara langsung bukanlah hal yang sulit, berikut panduan yang KompasTravel rangkum:

1. Transportasi

Untuk menuju Kutai Kartanagara dapat mengambil penerbangan menuju Balikpapan. Ada banyak maskapai penerbangan yang melayani rute Balikpapan bila diasumsikan berangkat dari Jakarta. Di antaranya Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Sriwijaya, dan Batik Air.

BACA JUGA: Tikungan Ini Termasuk Ditakuti Valentino Rossi

Harga tiket dibanderol dari harga Rp 500.000-an sampai Rp 1 juta.

Sampai di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan, Anda harus menempuh jarak 125 kilometer untuk sampai ke Tenggarong, ibu kota Kabupaten Kutai Kartanegara, atau sekitar tiga jam perjalanan darat.

Baru tahun 2017 mendatang diperkirakan bandara di Samarinda (ibu kota Kalimantan Timur) yang lebih dekat dengan Tenggarong dibuka. Di Tenggarong transportasi yang disarankan adalah penyewaan mobil atau ojek motor.

2. Akomodasi

Ada tiga hotel bintang tiga di Tenggarong, yakni Hotel Grand Elty "Singgasana", Hotel Elty Suiye "Lesong Batu", dan Resort Parai Kumala. Sisanya adalah hotel bintang satu dan hotel melati.


Acara beseprah merupakan rangkaian dari sejumlah kegiatan di Festival Erau di Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. (TRIBUN KALTIM/RAHMAD TAUFIK)

Jika ingin menginap di hotel bintang lima, maka Anda dapat menuju Kota Samarinda yang berjarak setengah jam dari Tenggarong.

3. Objek wisata

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved