Polemik Menteri

Jika Menteri Arcandra Juga Warga AS, Maka akan Disuruh Memilih

"Itu soal etika saja, masalah administrasi saja. Tidak ada pidananya. Kecuali, dia memalsukan data di paspor, baru bisa dikenakan pidana."

Jika Menteri Arcandra Juga Warga AS, Maka akan Disuruh Memilih
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar saat pengumuman perombakan kabinet atau reshuffle jilid 2 di teras belakang Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (27/7/2016). Arcandra Tahar menggantikan Sudirman Said. 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA -- Dirjen Imigrasi, Kemenkumham, Ronny Sompie, menegaskan Indonesia tidak mengenal kewarganegaraan ganda atau dwi kewarganegaraan.

Oleh karena itu, WNI yang ketahuan mempunyai paspor ganda, maka diberi pilihan paspor RI atau negara lain.

Konsekuensinya pada status kewarganegaraan. "Kalau ketahuan mendapatkan dua paspor, kami biasanya tanya, mau memilih warga negara mana? Kalau dia memilih warga negara lain, paspor Indonesia kami ambil," ujar Ronny saat dihubungi, Sabtu (13/8/2016).

Hal itu disampaikan Ronny menyusul kabar Menteri ESDM, Arcandra Tahar telah mengurus paspor RI masa berlaku lima tahun di KJRI Houston pada Februari 2012, namun dia juga telah diambil sumpah menjadi WN Amerika Serikat pada Maret 2012.

Menurut Ronny, kepemilikan atau penggunaan paspor ganda bukan tindak pidana sehingga tidak bisa diproses hukum.

BACA JUGA: Ditanya soal Isu Berkewarganegaraan AS Pak Menteri: Lihat Muka Saya, Apa?

Kewenangan yang bisa dilakukan oleh Ditjen Imigrasi sebatas menarik satu di antara paspor setelah diketahui kepemilikan paspor ganda dan diberikan pilihan.

"Itu soal etika saja, masalah administrasi saja. Tidak ada pidananya. Kecuali, dia memalsukan data di paspor, baru bisa dikenakan pidana," ujar mantan Kadiv Humas Polri tersebut.

Khusus mengenai adanya kabar Menteri ESDM Arcandra Tahar mempunyai paspor RI dan paspor AS, saat ini Ditjen Imigrasi tengah melakukan pengecekkan data perjalanan dan penggunaan paspor yang bersangkutan.

Sebab, diketahui Arcandra Tahar lama menetap dan berkarir di Amerika Serikat sebelum diminta Presiden Jokowi menjadi Menteri ESDM.

Halaman
12
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved