Berita Video

VIDEO – Senam Ibu Hamil Mempermudah Persalinan Mengurangi Rasa Pegal

bukan senam yang sering dilakukan di lapangan luas dengan gerakan kesana kemari lho ya. Senam ini adalah senam khusus bagi ibu hamil.

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Jino Prayudi Kartono

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Bagi wanita yang sedang mengandung berolahraga bukanlah menjadi suatu pantangan yang harus dihindar ketika mengandung calon buah hati Anda. Justru dengan berolahraga dikala hamil dapat meningkatan stamina yang berguna bagi tubuh maupun kelak disaat proses persalinan.

Namun perlu diingat intensitas olahraga antara sebelum mengandung dan saat mengandung berbeda. Disaat hamil hindari olahraga yang menguras tenaga yang banyak. Selain itu faktor dehidrasi menjadi ancaman bagi ibu hamil.

Agar tetap bugar dan tidak beresiko saat kehamilan salah satu olahraga yang tepat adalah senam . Eitss, bukan senam yang sering dilakukan di lapangan luas dengan gerakan kesana kemari lho ya. Senam ini adalah senam khusus bagi ibu hamil.

Olaharaga ini tidak membutuhkan banyak gerkan, waktu, dan tempat. Dengan bermodalkan matras saja Anda bisa melakukan senam hamil tersebut. Keuntungan dari senam ibu hamil ini menurut instruktur senam hamil Lovely Maternal Care Ely Yanri dapat mengurangi rasa nyeri yang ada di sekitar leher, punggung, area tulang belakang, nyeri perut bagian bawah sekitar paha bagian dalam, tulang ekor,  kram2 pada betis 

Simak juga berita lainnya:

Detik-detik Ular Kobra Muntah-muntah Karena Ini

Duh! Berikan Pijat Gratis Ala Tradisional Cina, Pria ini Justru Terlihat Seperti Tukang Cabul

VIDEO – Persiapan Tim Panjat Tebing Kaltim di PON 2016 Jawa Barat

Lalu manfaat lain dari senam hamil ini adalah dapat melatih otot2 panggul,dan otot perineum  (sekat antara vagina dengan dubur/anus) agar tidak kaku,  dimana otot ini akan melakukan peregangan disaat proses persalinan. selain itu salah satu keunggulan dari senam hamil yang di terapkan di LMC adalah tekhnik pernafasannya. Karena pernafasan memegang peranan penting dalam proses persalinan.   

Halaman
12
Penulis: Jino Prayudi Kartono
Editor: Martinus Wikan
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved