Ikutan Yuk. . . Gappeta Gelar Lomba Foto Demi Gugah Kesadaran Menjaga Hutan

Simon mengatakan, untuk meluaskan gaung kampanye Air Untuk Kehidupan, pihaknya memanfaatkan facebook sebagai media untuk lomba.

Ikutan Yuk. . . Gappeta Gelar Lomba Foto Demi Gugah Kesadaran Menjaga Hutan
tribunkaltim.co/niko ruru
Debit air di Embung Sungai Bolong, Kecamatan Nunukan terus menyusut saat musim kemarau. 

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Niko Ruru

TRIBUNKALTIM.CO,NUNUKAN - Gabungan Pemuda Pecinta Alam (Gappeta) Borneo melalui Program Setapak 2 menggelar lomba foto bertemakan Air Untuk Kehidupan.

Direktur Setapak 2- Gappeta Borneo, Simon mengatakan, lomba ini digelar untuk menggugah kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga kelestarian hutan, guna menyelamatkan daerah alir sungai (DAS) yang selama ini menyediakan air bersih bagi masyarakat.

“Kami ingin mengingatkan semua pihak, air sangatlah penting untuk kehidupan. Sementara ketersediaan air bersih sangat terkait erat dengan kelestarian hutan,” ujarnya.

Simon mengungkapkan, beberapa tahun belakangan ini warga Pulau Nunukan sudah merasakan sendiri pentingnya ketersediaan air bersih.

Akibat kerusakan Hutan Lindung Pulau Nunukan, embung menjadi kering sehingga Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) selama berminggu-minggu tidak bisa mendistribusikan air bersih kepada warga.

BACA JUGA: Tiga Partai Gelar Pertemuan Bahas Figur Pilgub, Wali Kota Samarinda Direncanakan Hadir

“Hutan sudah tidak mampu lagi menjadi daerah resapan air, sehingga saat kemarau debit air juga menjadi menyusut,” ujarnya.

Disisi lainnya, kerusakan hutan berdampak pada banjir pada musim hujan. “Ini juga menjadi pengalaman kita, ada rumah yang hanyut karena banjir akibat hutan tidak lagi bisa berfungsi dengan baik,” katanya.

Simon mengatakan, untuk meluaskan gaung kampanye Air Untuk Kehidupan, pihaknya memanfaatkan facebook sebagai media untuk lomba.

Halaman
123
Penulis: Niko Ruru
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved