Ternyata. . . Bayi dengan Lingkar Kepala Besar Cenderung Lebih Pintar

Artinya, bayi yang lahir dengan lingkar kepala lebih besar dari rata-rata 13,5-14 inci kemungkinan besar akan menunjukkan kecerdasan yang lebih besar

Ternyata. . . Bayi dengan Lingkar Kepala Besar Cenderung Lebih Pintar
shutterstock
Ilustrasi. 

TRIBUNKALTIM -  Julukan besar kepala memang bukan hal yang baik. Namun menurut penelitian baru, bila bicara tentang lingkar kepala bayi baru lahir, besarnya ukuran kepala benar-benar mengandung arti.

Menggunakan data dari sumber daya kesehatan Kerajaan Inggris, bayi yang lahir dengan craniums lebih besar atau ukuran kepala yang lebih besar namun masih dalam ukuran sehat, memiliki kemungkinan lebih pintar, menurut temuan yang dilaporkan dalam Independent.

Para ilmuwan internasional yang berada di belakang studi yang diterbitkan dalam jurnal Molecular Psychiatry, mencari hubungan antara gen, IQ dan kesehatan secara keseluruhan ketika mereka membuat penemuan baru ini.

Mereka mengumpulkan sampel darah, urine dan air liur, bersama dengan informasi tentang latar belakang dan gaya hidup keluarga dari 100.000 orang Inggris.

BACA JUGA:Wanita Ini Alami Kerugian hingga Rp 1,1 Miliar karena Cinta Buta dengan Tentara Palsu

Selama analisis mereka, para peneliti menemukan bahwa orang yang lahir dengan kepala besar secara signifikan lebih mungkin untuk mendapatkan gelar sarjana dan skor lebih tinggi pada tes penalaran verbal-numerik.

Artinya, bayi yang lahir dengan lingkar kepala lebih besar dari rata-rata 13,5-14 inci kemungkinan besar akan menunjukkan kecerdasan yang lebih besar di kemudian hari dalam hidup mereka.

Namun, itu bukan satu-satunya faktor. Studi ini juga mendukung teori yang mengatakan bahwa orang-orang dengan kesehatan yang lebih baik cenderung memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi, kata peneliti Saskia Hagenaars. (*)

***
Baca berita unik, menarik, eksklusif dan lengkap di Harian Pagi TRIBUN KALTIM
Perbarui informasi terkini, klik  www.TribunKaltim.co
Dan bergabunglah dengan medsos:
Join BBM Channel - PIN BBM C003408F9, Like fan page Facebook TribunKaltim.co,  follow Twitter @tribunkaltim serta tonton video streaming Youtube TribunKaltim
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved