Mancanegara

Dokter Tercengang Melihatnya Seperti Berusia 80 Tahun, Padahal Bayi Ini Baru Lahir

Kulitnya keriput,mata cekung, dan rambutnya tumbuh lebat hingga ke punggung.

Dokter Tercengang Melihatnya Seperti Berusia 80 Tahun, Padahal Bayi Ini Baru Lahir
Dailymail
Seorang bayi di Bagladesh lahir dengan kulit keriput seperti sudah berusia 80 tahun. 

TRIBUNKALTIM.CO - Para dokter di Bangladesh tercengang ketika seorang bayi laki-laki ini lahir. Ia lahir dengan wajah terlihat seperti pria berusia 80 tahun.

Kulitnya keriput,mata cekung, dan rambutnya tumbuh lebat hingga ke punggung.

Para dokter percaya, anak ini memiliki kondisi progeria, yaitu kelainan langka yang memengaruhi satu dari empat juta kelahiran.

"Bayi ini tidak terlihat seperti bayi yang baru dilahirkan. Dia menunjukkan tanda-tanda penuaan seperti keriput berlebihan dan tekstur kulitnya kasar," kata seorang dokter yang menanganinya.

Tak peduli dengan kondisi langka anaknya, orangtua pun tetap merasa bahagia. "Kami hanya bisa bersyukur kepada Tuhan. Tidak ada alasan untuk tidak bahagia dengan penampilan anak saya," kata ayah bayi itu, Biswajit Patro.

BACA JUGA:Kapolda Puas Lihat Simulasi Pengamanan Kota

Kondisi langka ini juga dikenal dengan Hutchinson-Gilford Progeria Syndrome (HGPS). Kelainan genetik ini membuat anak-anak memiliki perkembangan usia yang lebih cepat sehingga terlihat seperti orang lanjut usia.

Ada kelainan genetik yang menghasilkan protein abnormal dalam tubuh, yaitu progerin. Progerin inilah yang menyebabkan penuaan lebih cepat dari usia yang seharusnya. Kebanyakan progeria muncul pada tahun pertama kehidupan bayi, bukan saat baru lahir.

Umumnya, anak dengan progeria hanya bisa bertahan hidup sampai usia 13 tahun, karena mereka juga terkena penyakit penuaan. Namun, ada Hayley Okines, pasien progeria yang mampu bertahan hidup hingga usia 17 tahun.

Keluarga di Bangladesh ini pun selalu berpikir positif sang anak laki-lakinya akan tumbuh sehat dan merawatnya dengan penuh kasih sayang. (Dian Maharani)

*****
Baca berita unik, menarik, eksklusif dan lengkap di Harian Pagi TRIBUN KALTIM
Perbarui informasi terkini, klik  www.TribunKaltim.co
Dan bergabunglah dengan medsos:
Join BBM Channel - PIN BBM C003408F9, Like fan page Facebook TribunKaltim.co,  follow Twitter @tribunkaltim serta tonton video streaming Youtube TribunKaltim
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved