Kesehatan

Waspada, Apakah Anda Mengalami 7 Tanda Stres Ini?

Lalu ingatan Tess mulai bermasalah. "Saya bertemu dengan seseorang dua-tiga kali dan tidak bisa mengenali mereka," katanya.

Waspada, Apakah Anda Mengalami 7 Tanda Stres Ini?
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

TRIBUNKALTIM.CO -- Ketika Tess Kearns dan suaminya memulai usaha katering tahun lalu, tanggung jawab menjalankan bisnis baru dan membesarkan dua anak, sangat memakan waktu dan energi. 

"Pembayaran hipotek terlambat dan tidak cukup waktu untuk belajar keterampilan baru yang diperlukan untuk menjaga bisnis kami," kata Tess. "Saya tidak merasa sudah melewati batas, hanya merasa seperti menanggung beban berat."

Lalu ingatan Tess mulai bermasalah. "Saya bertemu dengan seseorang dua-tiga kali dan tidak bisa mengenali mereka," katanya.

"Saya harus menulis daftar tugas supaya saya tidak lupa, tapi kemudian saya kehilangan daftar itu. Usia saya 40-an dan khawatir sedang berada di tahap awal Alzheimer."

Baca: Stres dengan Pekerjaan di Kantor? Segera Tinggalkan kalau Ingin Mental Anda Sehat

Tess tidak menderita demensia, tetapi dia overload alias burnout. Gangguan memori hanya salah satu petunjuk tubuh, bahwa kita sudah meleawati batas kemampuan maksimal tubuh kita. Tapi, kesibukan, membuat kita bahkan tidak melihat tanda-tanda itu.

"Tubuh memberi sinyal agar kita bergerak dengan lebih lambat, tapi kita tidak mendengarkan," kata Alice Domar, PhD, pendiri Domar Center for Mind/Body Health.

"Jika Anda mengabaikan sinyal marabahaya terlalu lama, hal ini bisa berubah menjadi masalah kesehatan."

Waspadai gejala-gejala ini dan jika Anda menemukan diri Anda mengalami salah satunya atau lebih, segeralah beristirahat.

1. Pikiran Anda kosong

Halaman
1234
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved