Kesehatan

Sering Menderita Migrain, Apakah Makanan jadi Pemicunya?

Selain itu, migrain juga bisa dipicu oleh berbagai hal, seperti stres, kondisi cuaca, alkohol, hingga terlalu banyak tidur.

Sering Menderita Migrain, Apakah Makanan jadi Pemicunya?
Ilustrasi 

TRIBUNKALTIM.CO -- Orang yang terserang migrain terkadang menyalahkan makanan sebagai pemicu sakit kepalanya.

Beberapa makanan memang dicurigai bisa memicu migrain, seperti daging olahan, bahkan sayuran berdaun hijau yang mengandung nitrat. Obat-obatan tertentu yang mengandung nitrat juga disebut bisa memicu migrain.

Akan tetapi, dalam penelitian terbaru, bakteri di mulut juga ikut berperan memicu migrain setelah makan.

Peneliti menemukan, beberapa bakteri di mulut ternyata memiliki kemampuan untuk mengubah bahan kimia yang disebut nitrat.

Baca: Migrain di Usia Remaja, Apakah Ganggu Pelajaran?

Para peneliti berhipotesis,  jika terdapat bakteri di mulut dalam jumlah besar, dapat mengubah nitrat yang memicu sakit kepala pada beberapa orang.

Seperti ditulis dalam jurnal mSystems, bakteri tersebut juga membantu mengubah nitrat menjadi oksida nitrat, zat kimia yang diduga berperan dalam sakit kepala. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis 172 sampel oral dan sekitar 2000 sampel tinja.

Akan tetapi, peneliti tidak menemukan hubungan langsung bahwa bakteri itulah yang menyebabkan migrain. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

Menurut salah satu penulis studi, Antonio Gonzalez, jika mencurigai nitrat dapat memicu migrain, sebaiknya menghindari makanan yang mengandung nitrat.

Selain itu, migrain juga bisa dipicu oleh berbagai hal, seperti stres, kondisi cuaca, alkohol, hingga terlalu banyak tidur.

Baca: Migrain Beda Lho dengan Sakit Kepala Biasa, Kenali Bedanya

Pemicu terjadinya migrain pada tiap orang pun berbeda-beda. Sebaiknya, kenali pemicu migrain agar bisa mencegah sakit kepala hebat yang bisa membuat tubuh sangat lemas. (Dian Maharani)

***
Baca berita unik, menarik, eksklusif dan lengkap di Harian Pagi TRIBUN KALTIM
Perbarui informasi terkini, klik  www.TribunKaltim.co
Dan bergabunglah dengan medsos:
Join BBM Channel - PIN BBM C003408F9, Like fan page Facebook TribunKaltim.co,  follow Twitter @tribunkaltim serta tonton video streaming Youtube TribunKaltim
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved