Breaking News

Hindari Tabrakan dengan Tugboat, KM Lambelu Malah Kandas

Petugas keamanan pelabuhan akhirnya mengerahkan dua kapal tugboat untuk menarik kapal yang dinakhodai Kapten Sukartiyo, namun hasilnya nihil.

TRIBUN KALTIM/JUNISAH
KM Lambelu yang kandas di Perairan Tanjung Pasir Kota Tarakan Provinsi Kaltara, ditarik dua tugboat tapi ternyata tidak berhasil, Sabtu (22/10/2016). 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN - KM Lambelu milik PT Pelni yang mengangkut sebanyak 576 penumpang dan 140 kru kapal mengalami kandas terkena gusung di perairan Tanjung Pasir Kota Tarakan Provinsi Kaltara, Sabtu (22/10/2016) pukul 02.10 Wita.  

Kapal dengan tujuan Nunukan ini kandas 500 meter dari Pelabuhan Malundung Kota Tarakan.

Petugas keamanan pelabuhan akhirnya mengerahkan dua kapal tugboat untuk menarik kapal yang dinakhodai  Kapten Sukartiyo, namun hasilnya nihil.

Lalu petugas mengerahkan satu lagi tugboat, jadi ada tiga tugboat yang menarik, tapi lagi-lagi KM Lambelu hanya bergerak sedikit saja, karena saat itu air laut surut.

Baca: Pakai Kapal Klotok Pelaku Curi Batu Bara dari Atas Tongkang

Penarikan kapal dilakukan mulai pukul 07.00 hingga pukul 11.00 Wita.  Selama lima jam kapal ditarik, tapi upaya itu sia-sia, akhirnya diputuskan menunggu sampai air pasang atau pukul 20.00 Wita.

Komandan Patroli dan Humas Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tarakan, Syaharuddin mengatakan, atas kejadian ini ia telah meminta keterangan dari nakhoda.

Baca: Marak Penyanderaan Tugboat, Aparat Gabungan Lumpuhkan Perompak

Menurut nakhoda, kapal kandas, karena menghindari tabrakan dengan kapal tugboat yang menarik tongkang.

“Menurut nakhoda sempat memanggil beberapa kali lewat radio, tetapi tidak ada jawaban. Akhirnya nakhoda mengambil insiaitif agar tidak terjadi tabrakan mengambil sisi kiri. Ternyata pada saat ambil sisi kiri kapal langsung kandas, karena di sisi kiri ada gusung,” ucapnya. (*)

***
Baca berita unik, menarik, eksklusif dan lengkap di Harian Pagi TRIBUN KALTIM
Perbarui informasi terkini, klik  www.TribunKaltim.co
Dan bergabunglah dengan medsos:
Join BBM Channel - PIN BBM C003408F9, Like fan page Facebook TribunKaltim.co,  follow Twitter @tribunkaltim serta tonton video streaming Youtube TribunKaltim
Penulis: Junisah
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved