Kesehatan

Nutrisi Tepat Bikin Anda Waspada, Kuat, dan Bersemangat

Zat besi nabati bisa Anda temukan di kacang-kacangan, lentil, bayam, dan biji wijen. Pastikan juga kecukupan vitamin C Anda.

Nutrisi Tepat Bikin Anda Waspada, Kuat, dan Bersemangat
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

TRIBUNKALTIM.CO -- Kelelahan dapat membuat fisik dan emosi kacau, juga berakibat buruk pada sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, kita jadi lebih rentan terhadap depresi dan penyakit, termasuk penyakit kronis, seperti jantung.

"Sebaliknya, nutrisi yang tepat dapat membuat Anda merasa waspada, kuat, dan bersemangat," kata ahli diet dan nutrisi Cynthia Sass, RD.

Inilah aturan makan atau minum dan nutrisi yang perlu Anda asup supaya selalu tampil energik penuh vitalitas.

Baca: Tubuh Anda Kekurangan Nutrisi, Ini Lima Tandanya

Tambah asupan zat besi dari tumbuhan

Nutrisi tertentu, terutama zat besi, dapat membantu kita merasa lebih berenergi. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan kelelahan serta merusak ketahanan fisik dan mental. Zat besi dibutuhkan untuk memberikan oksigen kepada sel-sel tubuh.

Hasil sebuah penelitian menunjukkan, wanita yang mengonsumsi zat besi nabati punya kemungkinan 35 persen lebih kecil untuk menderita PMS, dibandingkan wanita yang mengonsumsi zat besi nabati dalam jumlah yang lebih sedikit.

Zat besi nabati bisa Anda temukan di kacang-kacangan, lentil, bayam, dan biji wijen. Pastikan juga kecukupan vitamin C Anda karena vitamin itu membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh.

Kurangi kafein

Dalam keadaan darurat ketika Anda membutuhkan penghalau kantuk yang bekerja cepat, kafein bisa menjadi andalan.

Halaman
123
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved