Berita Eksklusif

Pemilik Rumah Sewa Beri Diskon Besar Biar Cepat Laku

Sejumlah pengembang perumahan terpaksa tak lagi melanjutkan proyeknya. Puluhan rumah secara pelan tapi pasti mulai ditinggalkan pemiliknya.

Pemilik Rumah Sewa Beri Diskon Besar Biar Cepat Laku
TRIBUN KALTIM/AZHAR SRIYONO
Banyak rumah mewah disewakan atau dijual pemiliknya untuk mendapat dana segar. Hal ini merupakan imbas dari anjloknya bisnis batu bara dan migas di Kaltim. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Anjloknya harga minyak dan batu bara memberikan dampak lesunya ekonomi termasuk sektor properti.

Sejumlah pengembang perumahan terpaksa tak lagi melanjutkan proyeknya. Puluhan rumah secara pelan tapi pasti mulai ditinggalkan pemiliknya untuk dijual maupun disewakan.

Tidak sulit kita jumpai beberapa komplek perumahan yang kondisinya terlihat sepi, tak terawat, dan paling mencolok di depan pagar rumah tertempel pengumuman 'dijual/disewakan'.

Pengamatan Tribunkaltim.co, Senin (24/10/2016), beberapa perumahan seperti Komplek Wika misalnya, tak kurang ada sekitar 14 unit rumah tertempel pengumuman dijual/disewakan oleh pemiliknya.

Baca: Sekarang Saatnya Tepat Membeli Rumah

Secara tampilan bangunan lama tak berpenghuni. Rumput di halaman depan mulai meninggi hingga lutut orang dewasa.

Sudut dinding yang mulai berlumut dan disela-sela pagar terlihat berwarna putih sarang laba-laba hinggap.

Pemandangan serupa juga terlihat di Perumahan Pupuk, Damai Bahagia. Ada sekitar 20 rumah yang statusnya dijual atau disewakan. Namun, di kawasan Pupuk bangunan rumah terkesan mewah dan terawat, hampir seluruh rumah yang statusnya disewakan atau dijual kondisinya terlihat baru selesai direnovasi.

Tribunkaltim.co mencoba menghubungi salah satu nomor yang tertera di depan rumah tersebut. Rachmat, salah seorang pemilik rumah mengaku memiliki dua rumah yang saat ini statusnya disewakan.

Dua rumah tersebut dulunya dibeli saat ekonomi masih berjaya. Hampir digunakan para ekspatriat yang sedang bekerja di Balikpapan.

Halaman
12
Penulis: Rudy Firmanto
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved