Hari Sumpah Pemuda

Jalan Kaki 3 Km, Sumpah Pemuda Diperingati di Patok 15 Tapal Batas RI

Peserta upacara harus berjalan kaki menempuh jarak sekitar 3 kilometer dari jalan poros Desa Bambangan dan mendaki sampai tempat upacara

Jalan Kaki 3 Km, Sumpah Pemuda Diperingati di Patok 15 Tapal Batas RI
Dok Pos AL Sungai Nyamuk
Suasana peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-88 tahun 2016 di perbatasan Republik Indonesia-Malaysia di Pulau Sebatik, Jumat (28/10/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Niko Ruru

TRIBUNKALTIM.CO, NUNUKAN - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Sebatik Barat, Kabupaten Nunukan menggelar upacara peringatan ke-88 tahn 2016 Hari Sumpah Pemuda.

Peringatan digelar di Patok 15 perbatasan Republik Indonesia-Malaysia di Pulau Sebatik, Jumat (28/10/2016).

Ratusan peserta upacara memeriahkan acara yang berlangsung di atas ketinggian pulau yang terbagi antara Republik Indonesia dan Malaysia itu.

Komandan Pos Angkatan Laut Sungai Nyamuk, Letda Laut (P) Benu Purnomo menceritakan, upacara baru bisa dimulai pukul 09.00, karena peserta harus berjalan kaki ke lokasi acara.

“Peserta upacara harus berjalan kaki menempuh jarak sekitar 3 kilometer dari jalan poros Desa Bambangan dan mendaki sampai tempat upacara,” ujarnya menceritakan pelaksanaan acara itu kepada TRIBUNKALTIM.CO, Jumat sore.

Baca: Tekad Ribuan Pelajar di Hari Sumpah Pemuda, Mereka akan Berperang Melawan Hal Ini

Meskipun harus menguras tenaga berjalan kaki menuju ke lokasi pelaksanaan upacara, hal itu tak memupuskan semangat para peserta.

Upacara dihadiri seluruh pejabat musyawarah pimpinan kecamatan termasuk Camat Sebatik Barat Drs Haji Haini, unsur pegawai negeri sipil, Tentara Nasional Indonesia dari Koramil Sebatik, Pos Pengamanan Perbatasan RI-Malaysia Bambangan dan Pos Bukit Keramat, Pos Marinir Bambangan, Polri, para guru, tenaga honorer dan para pelajar mulai dari tingkat dasar hingga menengah atas.

Kemeriahan acara itu juga tak luput dari kehadiran anggota DPRD Kabupaten Nunukan yang berasal dari Daerah Pemilihan II Pulau Sebatik seperti Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nunukan Hajjah Nursan, Lukman dan Feri serta para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh adat maupun masyarakat di sekitar tempat pelaksanaan upacara.

Baca: Generasi Emas Mengenang Sumpah Pemuda

Halaman
123
Penulis: Niko Ruru
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved