Mau Hibahkan Lahan untuk Transmigrasi, Pemilik harus Siap Ikuti Aturan

Kepala Disnakertrans Kabupaten Bulungan memberikan ruang bagi warga Kabupaten Bulungan, yang ingin menghibahkan lahan miliknya ke program transmigrasi

Mau Hibahkan Lahan untuk Transmigrasi, Pemilik harus Siap Ikuti Aturan
Tribunkaltim/Doan Pardede
Lahan transmigrasi di Desa Sepunggur, Kecamatan Tanjung Palas Tengah 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Doan Pardede

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR – Ketua Masyarakat Adat Kabupaten Bulungan Datui Buyung Perkasa mengaku siap menghibahkan lahan miliknya yang ada di Kelurahan Tanjung Palas Hilir, Kabupaten Bulungan dalam program transmigrasi.

Khusus untuk luas, Datu Buyung mengaku tidak tahu pasti. Pasalnya waktu dulu kata dia, belum ada ukuran baku seperti yang ada saat ini.

Namun dia memastikan lahan yang ada lebih dari 100 hektare. Sejauh ini, dia mengaku memegang bukti kepemilikan lahan berupa surat dari Wedana tahun 1931 dan tahun 1961.

“Kalau dulu kan dari sungai ini sampai sungai ini,” kata Datu Buyung kepada Tribunkaltim.co, minggu lalu.

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bulungan memang memberikan ruang bagi warga Kabupaten Bulungan, yang ingin menghibahkan lahan miliknya ke program transmigrasi.

Baca: Inilah Kriteria Desa yang Jadi Lokasi Transmigrasi

Tapi, tentunya kata Kepala Bidang Transmigrasi Disnakertrans Kabupaten Bulungan Sarbani, aturan yang ditetapkan pemerintah harus diikuti.

Diantaranya, alas hak diatas lahan tersebut harus jelas.

Selain itu kata dia, pihak yang akan menghibahkan lahan harus menerima berapapun jatah yang diberikan bagi transmigran dari luar daerah dan penduduk lokal yang akan ditempatkan di atas lahan yang dihibahkan tersebut.

Jika semua persyaratan sudah dipenuhi dan pemerintah pusat setuju, barulah anggaran dan hak-hak warga transmigran seperti pembangunan infrastruktur, anggaran, bisa diturunkan.

“Buat daftar-daftar pesertanya, Bupati setuju kita usulkan ke pusat. Kalau disetujui barulah kita bergerak,” katanya. (*)

*****
Baca berita unik, menarik, eksklusif dan lengkap di Harian Pagi TRIBUN KALTIM
Perbarui informasi terkini, klik  www.TribunKaltim.co
Dan bergabunglah dengan medsos:
Join BBM Channel - PIN BBM C003408F9, Like fan page Facebook TribunKaltim.co,  follow Twitter @tribunkaltim serta tonton video streaming Youtube TribunKaltim
Penulis: Doan E Pardede
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved