Hari Sumpah Pemuda

Kegiatan Sosial tak Hanya dengan Uang, Karang Taruna Gelar Donor Darah

Para calon pedonor melakukan sejumlah pemeriksaan seperti memeriksakan golongan darah dan tekanan darah sebelum memulai donor darah.

Kegiatan Sosial tak Hanya dengan Uang, Karang Taruna Gelar Donor Darah
tribunkaltim.co/muhammad alidona
Kegiatan Donor Darah 2016 yang digelar Karang Taruna Generasi Baru dan Masyarakat Baru Ulu , Minggu (20/11/2016). 

Laporan Wartawan TribunKaltim Muhammad Alidona

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN – Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan, Karang Taruna Generasi Baru dan Masyarakat Baru Ulu menggelar kegiatan Donor Darah 2016, Minggu (20/11/2016).

Dengan mengangkat tema “Darahku Bukti Cinta  untuk Sesama” kegiatan donor darah ini ditargetkan dapat menyumbangkan 200 kantong darah ke PMI Balikpapan.  

Selain kegiatan donor darah, dalam kesempatan yang sama, para pemuda Karang Taruna juga memberikan santunan kepada para penyandang disabilitas, jompo dan veteran di wilayah kelurahan Baru Ulu.

Berdasarkan pantauan Tribun di lapangan, di jejeran kursi yang telah disiapkan, para pemuda dan tamu undangan yang hadir terlihat mengantri untuk mendaftarkan diri mereka dan melakukan registrasi terlebih dahulu.

Para calon pedonor melakukan sejumlah pemeriksaan seperti memeriksakan golongan darah dan tekanan darah sebelum memulai donor darah.

Baca: Acara Donor Darah Jelang Dirgahayu TNI, Pangdam Mengaku Kecewa Lantaran. . .

Sementara dua petugas dari PMI sibuk mendata para peserta donor darah.

Setelah melalui tahap pemeriksaan, satu – persatu para pedonor memasuki ruangan mobile unit yang telah disiapkan oleh PMI Balikpapan untuk melakukan proses donor.

Di lain sisi, tampak 15 bingkisan yang terdiri dari beras, minyak goreng, gula, susu dan biskuit telah disiapkan untuk 5 penyandang disabilitas, 5 jompo dan 5 veteran.

Seksi Lingkungan hidup dan Pariwisata Karang Taruna Kota Balikpapan, Ar Rahim Noor mengungkapkan kegiatan sosial berupa donor darah tersebut merupakan bentuk kepedulian sosial kepada masyarakat.

“Kegiatan donor darah ini untuk memacu pemuda bahwa dalam kegiatan bersosial bukan hanya melulu soal uang, tetapi bisa dari diri kita sendiri,” katanya.

Baca: Viral di Media Sosial, Video Goyangan Celine Evangelista Pakai Gaun Pengantin

Menurutnya, sebagai wadah bagi para pemuda – pemudi di Balikpapan khsusnya di bidang sosial, kegiatan ini merupakan sebuah terobosan bagi genarasi muda.

“Kami sangat menyambut dan mengapresiasi bahwasanya karang taruna yang dulunya tidak berkegiatan di sini jadi vacum sekarang sudah mulai di bangkitkan kembali dengan tema generasi baru semoga ini awal perjalanan ini bukan hanya sampai di sini tetapi berkelanjutan,” katanya.

Ia pun berharap bahawa karang taruna dengan kegiatan tersebut mampu menambah semangat dalam diri pemuda untuk terus mengabdi kepada lingkungannya dan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat.

“Saya mengharapkan generasi baru ini yang di wilayah Balikpapan Barat yang mudah-mudahan nanti bisa mengikuti karang taruna yang lainnya seperti karang taruna  Margasari, Marga Mulya yang kemarin maju ke tingkat nasional, sampai ke Jakarta, semoga tahun depan Baru Ulu  bisa ikut serta juga nantinya kedepannya untuk mewakili Balikpapan Barat,” katanya. (*)

Penulis: Muhammad Alidona
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved