news

Fakta Unik Telepon Genggam di Jepang Semuanya Anti-air

Tapi, tren ini telah ada di Jepang sejak lama bahkan kadang menjadi keharusan apabila sebuah perusahaan ingin produk telepon genggamnya laku

Fakta Unik Telepon Genggam di Jepang Semuanya Anti-air
Metrouk2.files.wordpress.com
Alasan apa yang membuat konsumen Jepang menyukai anti air? 

TRIBUNKALTIM.CO – Ada sebuah fakta unik di Jepang berkaitan dengan ponsel. Hampir semua telepon genggam di Jepang memiliki fitur anti air. Apa alasannya?

Telepon genggam hingga smartphone membuat komunikasi lebih mudah karena bisa dibawa ke mana saja. Kini kemampuan tahan air telah muncul menjadi salah satu fitur unggulan. Sebut saja iPhone 7, Samsung Galaxy S7, Sony XPERIA X Performance, dan berbagai produk lainnya.

Tapi, tren ini telah ada di Jepang sejak lama bahkan kadang menjadi keharusan apabila sebuah perusahaan ingin produk telepon genggamnya laku.

Salah satu alasan mengapa banyak yang mengeluarkan telepon anti-air dikarenakan kebiasaan wanita di Jepang untuk membawa gawai ini ke mana saja hingga saat mandi!

Baca: Sebuah Keluarga Berusaha Hidup Seperti Di Tahun 1980-an yang Tak Ada Ponsel & Internet

Seperti dilansiri Nydailynews.com. Situs tersebut telah melakukan wawancara dengan perusahaan telepon Jepang, seperti Panasonic dan Fujitsu, di tahun 2012. “Sekitar 90 hingga 95 persen telepon yang kini dijual telah memiliki fungsi anti-air,” ungkap Taro Ikuta selaku Eksekutif Panasonic.

Bahkan perusahaan yang tidak membuat telepon anti-air juga harus menyediakan fitur ini kepada pasar Jepang. Sebut saja LG asal Korea Selatan yang harus menyesuaikan fasilitas itu. “Di Jepang memiliki fitur anti-air lebih penting daripada bisa mengeluarkan baterai telepon,”tutur Ken Hong sebagai direktur komunikasi LG.

Salah satu telepon anti-air pertama adalah Casio Canu 502S yang dikeluarkan tahun 2005. Beranjak ke lima tahun berikutnya muncul telepon Motorola 2010 yang menggunakan sistem operasi Android.( Bramantyo Indirawan/intisari)

Editor: Martinus Wikan
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved