Kesehatan

Trik Jitu Sulit Tidur, Keluarkan Kaki Anda dari Selimut

Bila Anda juga sulit tidur tetapi harus bangun pagi keesokan harinya, coba keluarkan salah satu atau kedua kaki dari selimut.

Trik Jitu Sulit Tidur, Keluarkan Kaki Anda dari Selimut
Thinkstock
Ilustrasi 

TRIBUNKALTIM.CO -- Bagi banyak orang, sulit tidur adalah masalah yang umum terjadi. 

Selain kondisi medis dan psikiatris, kesulitan tidur atau insomnia juga bisa disebabkan oleh kebiasaan bermain ponsel dan gadget lainnya.

Bila Anda juga sulit tidur tetapi harus bangun pagi keesokan harinya, coba keluarkan salah satu atau kedua kaki dari selimut.

Trik ini diungkapkan oleh seorang pakar tidur dari National Sleep Foundation dan dosen psikologi di University of Alabama, Natalie Dautovich.

Menurut Dautovich, ada hubungan kuat antara tidur dan suhu tubuh.

Para peneliti tidur telah lama mengetahui bahwa beberapa saat sebelum Anda tertidur, suhu tubuh mulai menurun dan dalam tahap tidur yang paling dalam, suhu tubuh menjadi paling dingin.

Baca: Cepat Terpejam dan Nyenyak, Inilah Khasiat Minum Air Kelapa sebelum Tidur

Lalu, beberapa peneliti juga percaya bahwa suhu yang lebih sejuk menyebabkan rasa ngantuk sehingga mereka menyarankan untuk mandi air hangat atau minum minuman hangat sebelum tidur.

Dengan demikian, perlahan-lahan suhu tubuh Anda yang naik karena air panas akan turun dan menyebabkan rasa ngantuk.

Nah, kembali pada kaki, Dautovich mengatakan, aku rasa mengeluarkan kaki dari selimut berfungsi untuk menurunkan suhu tubuh yang terlalu hangat untuk tidur.

Baca: Sudah Tidur Cukup, tetapi Kok Masih Mengantuk?

Dia menjelaskan, kulit tangan dan kaki sangatlah sesuai untuk tugas ini karena mereka tidak berbulu dan memiliki struktur khusus yang membantu menurunkan suhu lebih cepat.

Jadi, bila malam ini Anda mengalami kesulitan tidur, coba keluarkan kaki dan tangan dari selimut sebelum memejamkan mata. (Shierine Wangsa Wibawa)

Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved