Hari AIDS

Sosialisasi Pencegahan AIDS, Ini yang Dibagikan Para Waria

Lantaran dandanannya mencolok dan beda dengan peserta lain, kehadiran para waria itu mengundang perhatian masyarakat.

Sosialisasi Pencegahan AIDS, Ini yang Dibagikan Para Waria
tribunkaltim.co/muhammad alidona
Komunitas Waria Balikapapan memberikan pita merah simbol peringatan hari HIV/AIDS Sedunia di Jalan jendral sudirman traffic light, Kamsi (1/12/2016). 

Laporan Wartawan TribunKaltim Muhammad Alidona

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Dalam rangka memperingati hari AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) 1 Desember ini, sejumlah waria di Kota Balikpapan menggelar aksi simpatik kampanye dalam pencegahan penyakit HIV AIDS dengan mensosialisasikan bahaya penyakit yang menyerang kekebalan tubuh tersebut.

Pantauan TribunKaltim.Co, para waria membagikan pita lambang AIDS, permen susu, buku pencegahan AIDS dan selebaran pada pengguna jalan di seputaran Balikpapan Plaza, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Balikpapan.

Lantaran dandanannya mencolok dan beda dengan peserta lain, kehadiran para waria itu mengundang perhatian masyarakat.

Perwakilan Komunitas Waria, Mami Sukri mengungkapkan sebanyak 18 orang waria ikut berpartisipasi dalam kegiatan sosialisasi pencegahan AIDS pada peringatan hari AIDS sedunia ini.

Baca: Gara-gara Rumor AIDS, Satu Sekolah Terpaksa Dikosongkan

Para waria tersebut bergabung bersama peserta lain dari Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Kota Balikpapan bersama Komisi Penanggulangan Aids untuk turun langsung ke jalan.

“Hari ini kami membagikan pita merah, brosur tentang HIV AIDS, sosialiasi pencegahan HIV itu sendiri, jadi intinya bagaimana mencegah,” katanya.

Disampaikannya, ia besama wariawaria lainnya dalam komunitas waria tergugah untuk melakukan aksi social ini karena peduli terhadap sesama.

Terlebih lagi sosialiasasi tersebut sangat diperlukan untuk menekan penularan HIV AIDS terutama kepada mereka yang berisiko tinggi.

"Karena ini program sosial peduli dengan sesama ya, berapa pun kayak gini aku turun sama teman-teman, sosialisasi terutama kepada orang yang bekerja dengan berisiko tinggi terutama mereka yang gonta – ganti pasangan,” katanya. (*)

Penulis: Muhammad Alidona
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved