Natal dan Tahun Baru

Hingga Akhir Tahun, Ibu Kota Provinsi Ini Diprediksi Bakal Diguyur Hujan

Kondisi biasanya mengakibatkan belokan dan memperlambat belokan angin yang berakibat turunnya hujan di daerah Provinsi Kaltara.

Hingga Akhir Tahun, Ibu Kota Provinsi Ini Diprediksi Bakal Diguyur Hujan
TRIBUNKALTIM.CO/DOAN E PARDEDE
Forecaster BMKG Tanjung Selor, Via Gulita Rianti, memaparkan kondisi cuaca di wilayah Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, Jumat (16/12/2016). 

Laporan wartawan TribunKaltim.co, Doan Pardede

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Jelang Natal dan Tahun Baru baru, ibu kota Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Tanjung Selor, diprediksi bakal sering diguyur hujan.

Walau berpotensi turun hujan, intensitasnya diperkirakan hanya ringan hingga sedang dan terjadi pada sore hingga malam hari.

Forecaster Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjung Selor, Via Gulita Rianti, mengatakan hujan akan lebih sering terjadi di daerah bertekanan rendah di Samudera Hindia dan Laut Tiongkok Selatan.

Kondisi biasanya mengakibatkan belokan dan memperlambat belokan angin yang berakibat turunnya hujan di daerah Provinsi Kaltara.

"Ini juga bisa menyebabkan hujan. Hujannya lebih sering sore dan malam," ujar Via, ketika ditemui di ruang kantornya, Jumat (16/12/2016).

Baca: Natal dan Tahun Baru, Inflasi Desember Diproyeksi Naik

Untuk gelombang laut di perairan Tarakan diperkirakan masih normal, yakni diantara 0,25 meter-0,75 meter.

Secara umum, kata Via, cuaca hingga akhir tahun mendatang masih jauh dari esktrem. Saat ini, cuaca ekstrem justru lebih berpeluang terjadi antara lain di daerah Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara.

Namun kendatipun demikian, masyarakat khususnya yang ingin bepergian baik melalui jaur darat, laut dan udara diimbau untuk tetap waspada.

"Masyarakat harus tetap waspada," imbuhnya. (*)

Penulis: Doan E Pardede
Editor: Syaiful Syafar
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved