Britney Spears Meninggal, Cuitan Akun Twitter Sony

“Britney Spears meninggal akibat kecelakaan! Kami akan segera memberi tahu kabar lebih lengkapnya. #RIPBritney

Britney Spears Meninggal, Cuitan Akun Twitter Sony
The Verge
Akun Twitter @SonyMusicGlobal sempat diretas dan menyebut Britney Spears telah meninggal 

TRIBUNKALTIM.CO - Kelompok hacker atau peretas OurMine mengaku berhasil meretas akun Twitter milik Sony Music (@SonyMusicGlobal).

Setelah di-hack, akun tersebut digunakan untuk menyebarkan kabar hoax seputar penyanyi wanita Britney Spears.

“Britney Spears meninggal akibat kecelakaan! Kami akan segera memberi tahu kabar lebih lengkapnya. #RIPBritney,” demikian kicau akun @SonyMusicGlobal yang telah diretas itu pada Senin (26/12/2016), pukul 8.20 Eastern Time atau pukul 20.20 Waktu Indonesia Barat.

Kicauan tersebut sepenuhnya merupakan kabar bohong hasil keusilan kelompok peretas OurMine. Spears sendiri kemudian terkonfirmasi masih hidup dan dalam keadaan sehat.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Selasa (27/12/2016), tak berapa lama berselang kicauan usil itu kemudian dihapus.

Baca: Kalau Tak Ingin Akun Medsos Dibobol Hacker, Jangan Gunakan Kata Sandi Ini!

Akun Twitter @SonyMusicGlobal kemudian berkicau kembali, yang isinya menyatakan bahwa Spears masih hidup dan mengatakan bahwa kicauan sebelumnya diunggah oleh OurMine.

“Beberapa menit lalu kami melihat ada sebuah IP baru yang masuk ke akun ini, dan kicauan tersebut diunggah oleh IP tersebut. Jadi @britneyspears masih hidup #OurMine,” tulis akun @SonyMusicGlobal.

Akun resmi Bob Dylan (@BobDylan) juga sempat terkecoh dengan mengatakan “istirahat dengan tenang” sebagai resposn terhadap kabar bohong yang dikicaukan @SonyMusicGlobal.

Menyadari kesalahan, beberapa menit kemudian @BobDylan kembali berkicau menyatakan bahwa Britney Spears masih hidup.

jawaban sony soal akunnya yang dihack
Kicauan akun @SonyMusicGlobal saat diretas kelompok OurMine. (The Verge)

Seluruh kicauan mengenai meninggalnya Spears, baik yang ada di akun @BobDylan atau @SonyMusicGlobal, sudah dihapus.

Sekadar diketahui, OurMine merupakan kelompok peretas yang dikenal kerap menyusup ke akun media sosial dan mengusilinya. Pada 2016, kelompok ini telah berhasil mengakses banyak akun, mulai dari akun Quora milik CEO Google Sundar Pichai hingga akun Facebook milik Mark Zuckerberg.

Selain kedua bos raksasa internet itu, OurMine juga sempat meretas situs BuzzFeed, serta membobol akun Twitter Netflix dan Marvel. (Yoga Hastyadi Widiartanto)

Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved