Pemprov-DPRD Setujui Raperda RTRW dan Perlindungan UMKM

Untuk diketahui, raperda Perlindungan dan Pengembangan Koperasi dan UMKM merupakan inisiatif DPRD.

Pemprov-DPRD Setujui Raperda RTRW dan Perlindungan UMKM
TRIBUNKALTIM.CO/MUHAMMAD ARFAN
Suasana rapat paripurna di kantor DPRD Kaltara, Jl Kolonel Soetadji, Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Sabtu (31/12/2016). 

Laporan wartawan TribunKaltim, Muhammad Arfan

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Dua rancangan peraturan daerah (Raperda) disepakati bersama Pemprov dan DPRD Kalimantan Utara, Jumat (31/12/216) tepat pukul 13.30 Wita.

Kedua raperda tersebut yakni tentang Perlindungan dan Pengembangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) serta raperda tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kalimantan Utara Tahun 2016-2036.

Untuk diketahui, raperda Perlindungan dan Pengembangan Koperasi dan UMKM merupakan inisiatif DPRD.

"Kami telah melakukan pembahasan dan pendalaman. Termasuk melakukan kunker ke Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Disperindagkop Jatim dan Bali, dan Dewan Koperasi Indonesia," sebut Effendy Juprianto, Ketua Pansus Raperda Perlindungan dan Pengembangan Koperasi dan UMKM merupakan inisiatif DPRD dari atas mimbar.

Rakhmat Majid Gani, Ketua Pansus Raperda tentang RTRW Kalimantan Utara 2016-2036 menjelaskan, raperda ini telah melalui sejumlah tahapan pembahasan dan pendalaman dengan menggelar rapat internal dan rapat bersama ke Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Bappenas, dan Badan Informasi Geospasial Bogor.

"Raperda ini sangat strategis sebagai pijakan arah pembangunan provinsi ini ke depan. Adanya perda ini diharapkan terdapat sistem penguatan, penataan, dan sinergitas pemanfaatan ruang," kata Rakhmat Madjid.

Untuk diketahui, persetujuan ini dilaksanakan dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Kaltara Marthen Sablon dihadiri Wakil Gubernur Kaltara Udin Hiangio dan jajaran. (*)

Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Syaiful Syafar
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved