Kapal Terbakar

Ini Dia Hasil Olah TKP Sementara Kejadian Kebakaran Kapal

Dari keterangan beberapa saksi diperoleh informasi bahwa diduga api berasal dari percikan api saat melakukan proses pemotongan besi di dalam dok.

Ini Dia Hasil Olah TKP Sementara Kejadian Kebakaran Kapal
TRIBUN KALTIM/MUHAMMAD FACHRI RAMADHANI
Kasubdit Gakkum Polairud Polda Kaltim, AKBP Sebpril Sesa saat ditemui Tribun, Selasa (3/1/2017). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Jajaran kepolisian Polairud Polda Kaltim melakukan olah TKP terkait insiden terbakarnya Kapal Crane Barge Ewis Lady, Selasa (3/1/2017).

"Tadi pagi anggota sudah ke sana (Dok Perkapalan Kaltim, Alam Baru Somber)," kata Kasubdit Gakkum Polairud Polda Kaltim, AKBP Sebpril Sesa saat ditemui Tribun, Selasa (3/1/2017) sekutar 11.30 Wita.

Pihaknya masih menyelidiki asal muasal api yang membakar kapal tersebut.

Dari keterangan beberapa saksi diperoleh informasi bahwa diduga api berasal dari percikan api saat melakukan proses pemotongan besi di dalam dok.

"Pada saat itu timbul percikan api, yang diduga mengenai benda yang mudah terbakar, sehingga menimbulkan asap," kata Sebpril.

Dari penuturan beberapa saksi, di dalam dok kapal (gudang) terdapat benda-benda bekas mudah terbakar seperti kasur dan plastik.

Baca: Lihat di Berita Online Ada Kapal Terbakar, tak Disangka Adiknya yang jadi Korban

Baca: Pekerja yang Terjebak di Galangan Kapal Akhirnya Berhasil Dievakuasi

Pemberitaan sebelumnya, Senin petang (2/1/2017) sekitar pukul 17.30 Wita terjadi kebakaran kapal Work Barge AWB Ewis Lady di kawasan perairan pelabuhan Somber Balikpapan Kalimantan Timur. Kapal tersebut milik PT MSI atau Pelayaran Menaratama Samudra Indah.

Sejumlah tangki air pemadam kebakaran diturunkan. Ada lima tangki dengan masing masing berisikan air lima ribu liter.

Sebagian pekerja dari PT MSI berada di luar kapal. Mereka mengenakan pakaian safety berwarna kuning. Pelni yang merupakan seorang pekerja di kapal tersebut mengaku tidak ada ledakan apapun saat kejadian.

"Saya tahunya ada asap aja. Tadi pas saya di warung lihat asapnya mulai mengepul," kata pekerja bagian cleaning di kapal tersebut.

Kebakaran kapal tersebut diduga dikarenakan kecelakan kerja. Berdasarkan pantauan Tribun seorang pekerja dari kapal tersebut tidak tahan karena kehabisan oksigen. Sofyan Hadi terpaksa harus dilarikan ke mobil ambulans. (*)

Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved