Tak Perlu Terburu-buru Program Bayi Tabung Jika Belum Hamil

Padahal studi-studi membuktikan mereka dapat hamil dalam dua tahun jika terus mencoba.

Thinkstock
Ilustrasi 

TRIBUNKALTIM.CO - Ribuan wanita di Inggris menjalani program bayi tabung, padahal sebenarnya tak perlu. Mereka sejatinya mampu hamil secara alami.

Hampir separuh pasangan disebut infertil setelah setahun tak berhasil hamil. Padahal studi-studi membuktikan mereka dapat hamil dalam dua tahun jika terus mencoba.

Namun, banyak di antara mereka yang panik dan rela mengeluarkan banyak uang untuk program bayi tabung, karena mereka percaya mereka punya masalah kesehatan dan memerlukan pengobatan.

Begitu yang didengar dari konferensi British Fertility Society.

Prof. Siladitya Bhattacharya dari University of Aberdeen mengatakan, masalahnya banyak pasangan memulai membentuk keluarga "sesuai keinginan."

Baca: Segini Biaya yang Harus Dikeluarkan Surya Saputra dan Cynthia Lamusu untuk Program Bayi Tabung

Program bayi tabung dapat membantu pasangan yang punya masalah infertilitas dengan penyebab tak jelas, untuk wanita di atas 40 tahun.

Namun banyak pasangan rela menghamburkan uang dan waktu, mengonsumsi banyak obat untuk menstimulasi ovarium dan pengobatan invasif, padhal mereka dapat hamil secara alami tanpa perlu ke dokter.

Dalam konferensi di Ediburgh, Prof Bhattacharya mengatakan,"Bukti efektivitas bayi tabung pada pasangan yang bermasalah dengan kesuburan dapat diuji, karena jika Anda melihat pengobatan baru yang tersedia dengan data ini, kami akan ragu menyebut pengobatan ini yang dibutuhkan Anda."

Satu studi terhadap pasangan-pasangan infertil dari jurnal Human Reproduction pada 2010 ditemukan sedikitnya 13 persen memiliki bayi berkat program bayi tabung.

Banyak di antara pasangan itu yang hamil secara alami atau mengikuti pengobatan lain.

Baca: Ingin Bercinta Saat Hamil, Ini Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Halaman
12
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved