Baru Lulus, Notaris Mesti Menyebar ke Perdesaan

Dia menyadari, pemerintahan sekarang ini memperhatikan daerah pedalaman atau pinggiran, seperti pedesaan dan perbatasan.

TRIBUN KALTIM / BUDI SUSILO
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Yasonna Hamonangan Laoly, bersama Wakil Gubernur Kalimantan Timur Mukmin Faisal berserta pengurus Ikatan Notaris Indonesia membuka resmi rapat pleno organisasi profesi notaris di Hotel Grand Senyiur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (13/1/2017). 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co Budi Susilo

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Sumber daya manusia yang baru saja memiliki bekal keilmuan notaris akan dikonsentrasikan ke daerah-daerah, seperti yang dekat dengan pedesaan.

Hal ini disampaikan Tri Firdaus Akbarsyah, Sekertaris Jendral Ikatan Notaris Indonesia, kepada Tribunkaltim.co.

Dia menyadari, pemerintahan sekarang ini memperhatikan daerah pedalaman atau pinggiran, seperti pedesaan dan perbatasan.

Posisi geografis yang di pelosok inilah kerap membutuhkan sumber daya manusia yang mampu melayani persoalan hukum.

"Kami membuat aturan, yang baru lulus akan kami tempatkan ke daerah-daerah seperti pedesaan," tutur Tri usai melaksanakan rapat peleno Ikatan Notaris Indonesia di Hotel Grand Senyiur, Kota Balikpapan, Jumat (13/1/2017).

Ia menjelaskan, perdesaan sejauh ini sedang mengalami perkembangan kemajuan pembangunan.

Dana yang melimpah dari Kementerian Desa memberi dampak positif bagi kemajuan daerah.

Karena itu, notaris mesti mampu mengambil peran untuk turut sumbangsih, memberi pelayanan yang mudah dijangkau, tidak perlu lagi mesti pergi ke pusat kota metropolitan.

Sebagai pendukung, tambahnya, Ikatan Notaris Indonesia terus berbenah dan memantapkan anggotanya untuk selalu memberikan peningkatan kualitas pengetahuan dan integritas para notaris.

"Jangan sampai notaris mengluarkan keputusan yang mencederai hukum. Integritas memang harus diutamakan," kata Tri. (*)

Penulis: Budi Susilo
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved