Indonesia Dapat Tambahan Kuota Haji, Menag: Distribusi Dilakukan Proporsional

Saat ini, kata dia, Kementerian Agama sedang bekerja untuk membagi kuota tersebut.

Indonesia Dapat Tambahan Kuota Haji, Menag: Distribusi Dilakukan Proporsional
AP PHOTO / MOSAAB ELSHAMY
Ribuan umat Islam shalat berjamaah di Masjid Namira, Padang Arafah, dekat kota suci Mekah, Saudi Arabia, 23 September 2015. Umat Islam berkumpul di Padang Arafah pada puncak ibadah haji, tepatnya 9 Dzulhijjah pada penanggalan Islam. 

TRIBUNKALTIM.CO - Pasca mendapat kepastian tambahan kuota haji sebanyak 52.000 jamaah, Kementerian Agama Republik Indonesia langsung bergerak dengan melakukan pembahasan kuota jemaah haji di setiap provinsi.

“Jadi kuota tambahan tersebut nantinya akan kita didistribusikan ke masing- masing provinsi,” ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, usai meresmikan gedung perkuliahan terpadu di Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember, Jawa Timur, Jumat (13/1/2017).

Lukman menjelaskan, penambahan kuota tersebut akan dilakukan secara proporsional, dengan melihat jumlah penduduk muslim di setiap provinsi.

“Itu yang nantinya menjadi acuan kita untuk mendistribusikan kuota jemaah haji, sebagaimana amanah peraturan yang ada,” ungkap Lukman.

Saat ini, kata dia, Kementerian Agama sedang bekerja untuk membagi kuota tersebut.

“Termasuk saat ini kita sudah mulai melakukan pembahasan awal dengan Komisi VIII terkait Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH). Nanti pada saatnya pasti kita akan umumkan kepada masyarakat,” kata Lukman.

Seperti diberitakan, kuota jemaah haji Indonesia tahun 2017 mendapat tambahan cukup signifikan sebesar 52.200 jamaah.

Dengan penambahan tersebut, maka jumlah jemaah haji asal Indonesia tahun ini menjadi 221.000 jamaah. (Kompas.com)

Editor: Kholish Chered
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved