Kesehatan

Daerah Selangkangan Terasa Gatal? Perhatikan, Mungkin 7 Hal Ini jadi Penyebabnya

Gejala lainnya, yaitu kulit tampak kering dan bersisik yang biasanya muncul di daerah lipatan paha atau pangkal paha.

Daerah Selangkangan Terasa Gatal? Perhatikan, Mungkin 7 Hal Ini jadi Penyebabnya
Thinkstockphotos
Ilustrasi 

TRIBUNKALTIM.CO -- Pernah merasa gatal di daerah selangkangan? Hal ini pasti sangat mengganggu, apalagi saat berada di tempat umum karena muncul keinginan untuk menggaruknya.

Apabila rasa gatal itu sering muncul, Anda perlu mencari tahu apa sebabnya.

Seperti dikutip dari Men's Health, dokter kulit dari Rumah Sakit Mount Sinai, Joshua Zeichner, M.D. mengungkapkan, setidaknya ada 7 penyebab area selangkangan terasa gatal. Apa saja itu?

Baca: Minder Sama Pasangan Gara-gara Flek Hitam di Selangkangan? Obati dengan Cara Ini

Baca: Wahai Kaum Pria, Jangan Taruh Ponsel Dekat Selangkangan! Ini Alasannya

1. Infeksi jamur
Apabila rasa gatal disertai kemerahan di daerah selangkangan, bisa jadi penyebabnya karena infeksi jamur. Jamur senang berkembang biak di daerah yang lembab dan tak terpapar cahaya seperti area selangkangan.

Gejala lainnya, yaitu kulit tampak kering dan bersisik yang biasanya muncul di daerah lipatan paha atau pangkal paha. Kondisi ini bisa diatasi dengan mengatasi krim antijamur di daerah yang gatal.

2. Banyak gesekan
Terlalu banyak gesekan di daerah selangkangan juga dapat menimbulkan rasa gatal di kulit. Biasanya terjadi saat berlari yang membuat gesekan antara kulit di daerah paha.

Gesekan tersebut bisa memicu peradangan, kulit kemerahan, gatal-gatal, hingga bersisik. Masalah ini dapat diatasi dengan mengoleskan krim pelembab yang akan mengembalikan kondisi kulit. Gunakan pula celana yang nyaman agar tidak terjadi gesekan antarkulit.

3. Intertrigo
Intertrigo merupakan kondisi ruam merah, rasa terbakar dan terasa gatal pada kulit karena adanya pertumbuhan bakteri dan jamur.

Masalah ini biasanya terjadi karena daerah selangkangan sering berkeringat sehingga selalu lembab.

Segera ke dokter kulit jika kondisi tersebut berlangsung 1-2 minggu. Agar tidak lembab, rutinlah mengganti celana dalam.

Halaman
12
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved