Berapa Harga Paket Umrah Termurah yang Aman dengan Jaminan Pasti Berangkat?

Lalu, berapakah biaya umrah yang masuk akal dengan jaminan bisa berangkat ke tanah suci?

Berapa Harga Paket Umrah Termurah yang Aman dengan Jaminan Pasti Berangkat?
TRIBUN KALTIM / RUDY FIRMANTO
ILUSTRASI - PT Arafah Tamasya Mulia (ATM) Tour and travel Balikpapan awal tahun 2017 memberangkatkan satu rombongan sebanyak 43 jamaah untuk perjalanan umrah ke Tanah Suci, Senin (2/1/2017). 

TRIBUNKALTIM.CO - Pergi ke Makkah dan Madinah untuk melakukan ibadah umrah sudah pasti menjadi impian bagi umat Muslim.

Saat umrah, umat Muslim akan mengunjungi makam Nabi Muhammad Shallallaahu 'alaihi wa sallam, Masjid Nabawi, Masjidil Haram, dan aneka destinasi ziarah lainnya.

Namun, tak jarang impian untuk mengunjungi Tanah Suci jadi berantakan akibat ulah biro perjalanan umrah yang tak bertanggung jawab.

Biasanya biro perjalanan umrah menawarkan biaya yang murah bahkan cenderung tak masuk akal. Sehingga tak jarang calon jemaah umrah pun tertipu.

Lalu, berapakah biaya umrah yang masuk akal dengan jaminan bisa berangkat ke tanah suci?

Bendahara Umum Asosiasi Umrah dan Haji PRATAMA, Ali Umasudi mengatakan ada batas harga paket umrah termurah yang bisa diperhatikan calon jemaah umrah.

"Biaya umrah itu tergantung program. Ada yang promo dan reguler. Kalau reguler itu sekitar Rp 26-27 juta per orang, kalau yang promo itu Rp 16-17 juta per orang," kata Ali kepada KompasTravel seusai acara peluncuran Asosiasi Umrah dan Haji PRATAMA di Jakarta, Senin (23/1/2017).

Ia mengatakan tak wajar bila ada biro perjalanan umrah yang menawarkan paket umrah di bawah harga Rp 16 juta. Menurutnya, jika di bawah harga Rp 16 juta, maka bisa dipastikan akan "menyiksa" jamaah umrah.

"Kalau (ada yang menawarkan) Rp 9 juta itu tidak wajar. Belum ada travel agent yang bersedia melakukan promo seharga itu. Yang paling murah itu sekitar Rp 16 juta untuk sekarang," jelasnya.

Ali menyarankan agar para calon jemaah lebih selektif dalam menyaring iming-iming iklan paket umrah yang didapatkan.

Ia menyarankan, harga paket umrah harus mendapat kepastian tiket pesawat pulang-pergi, penginapan, serta transportasi selama di Mekkah dan Madinah.

PRATAMA adalah asosiasi umrah dan haji yang diakui pemerintah melalui Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Tentang Pengesahan Pendirian Badan Hukum Perkumpulan Travel Umrah dan Haji No. AHU-0081514.AH.01.07 Tahun 2016 tanggal 27 Desember 2016.

PRATAMA mewadahi para pelaku industri jasa umrah, haji, wisata dan unsur terentitas seperti lembaga keuangan, asuransi, koperasi, hotel, penerbangan, katering dan transportasi darat.

Kehadiran PRATAMA merupakan pelengkap dari perkumpulan haji dan umrah yang sudah terbentuk lama di Indonesia. (Kompas.com)

Editor: Kholish Chered
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved