Tahun Ini Okupansi UPT Sepunggur Ditambah 150 KK

Tahun ini, penyebaran penduduk dari daerah padat penduduk ke daerah jarang penduduk atau biasa disebut transmigrasi masih digalakkan pemerintah.

Tahun Ini Okupansi UPT Sepunggur Ditambah 150 KK
TRIBUN KALTIM/MUHAMMAD ARFAN
Boedijo Soenarno, Kabid Transmigrasi, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kalimantan Utara. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Tahun ini, penyebaran penduduk dari daerah padat penduduk ke daerah jarang penduduk atau biasa disebut transmigrasi masih digalakkan pemerintah.

Kepala Bidang Transmigrasi Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kalimantan Utara Boedijo Soenarno mengemukakan, tahun ini ada 150 KK transmigran yang bakal ditempatkan di Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT) Sepunggur, Kecamatan Tanjung Palas Tengah, Kabupaten Bulungan.

"Penempatan 150 KK itu dibagi, 100 KK asal Jawa Tengah dan 50 KK transmigran setempat atau lokal," sebutnya saat disua Tribun, Kamis (9/2/2017) pukul 14.00 Wita siang tadi.

Belum diketahui pasti persis tanggal dan bulan penempatan transmigran baru ini. Yang jelas kata Boedijo, penempatan transmigran asal Jawa Tengah itu sepenuhnya ditanggung APBD Jawa Tengah.

"Angggaran itu nanti dimasukkan ke dalam Batang Tubuh APBD Bulungan," ujarnya.

Kawasan UPT Sepunggu, saat ini dihuni sebanyak 350 KK dengan okupansi mencapai 600 KK dengan asumsi setiap KK dialokasi 1 hektar lahan.

"Saat ini memang di Sepunggur, satu KK transmigran satu hektar lahan. Di sama batasnya mencapai 600 KK saja. Kalau 150 KK masuk ini, berarti kapasitasnya sudah terpenuhi lebih dari separuh," sebutnya.

Penempatan transmigran di Sepunggur diprioritaskan untuk menjadi kawasan pertumbuhan ekonomi baru yang didukung dari pengelolaan pertanian.

Kawasan transmigrasi ini berada di areal delta Kayan atau kawasan food estate yang telah ditetapkan Pemkab Bulungan.

"Untuk penyiapan permukimannya transmigran baru ini, koordinasinya antara pemerintah Jawa Tengah dan Pemkab Bulungan. Pemprov Kaltara hanya fasilitasi saja dan nanti pengecekan layak huninya sana," tutur Boedijo. (*)

Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved