Pilgub DKI Jakarta

VIDEO - Libatkan 32 Peneliti, Beginilah Dapur Hitung Cepat Litbang Kompas

Melalui sistem berlapis dan penelitian yang ketat, Litbang Kompas berkomitmen mengulang sukses sebagai satu-satunya lembaga media

TRIBUNKALTIM.CO - Litbang Kompas menggelar hitung cepat (quick count) Pilkada DKI Jakarta, Rabu (15/2/22017).

Hitung cepat Litbang Kompas melibatkan 507 tenaga di lapangan dan 32 peneliti.

Sebarannya di lapangan, didukung 467 interviewer dan koordinator lapangan serta 10 peneliti di 400 titik tempat pemungutan suara (TPS) dari totalnya mencapai 15.059 TPS di seluruh wilayah DKI Jakarta.

Sebanyak 467 tenaga lapangan (surveyor) bertugas di enam kota administrasi. Mereka terdiri dari 400 relawan interviewer, 67 koordinator lapangan, 6 koordinator wilayah (korwil) atau peneliti Litbang Kompas.

Sebaran 400 TPS itu adalah di Jakarta Barat sebanyak 93 TPS, di Jakarta Pusat sebanyak 42 TPS, Jakarta Selatan sebanyak 89 TPS, Jakarta Timur sebanyak 113 TPS dan Jakarta Utara sebanyak 62 serta Kepulauan Seribu 1 TPS.

Melalui sistem berlapis dan penelitian yang ketat, Litbang Kompas berkomitmen mengulang sukses sebagai satu-satunya lembaga media yang secara indenpenden yang diakui akurasi hasil hitung cepatnya oleh Komisi Pemilihan Umum (KPUD) DKI Jakarta.

Ditargetkan tingkat error dari hitung cepat Litbang Kompas dibawah 1 persen. 

Baca: Mengejutkan! Hasil Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Agus Anjlok, Ahok dan Anies Melejit

Litbang Kompas juga sebagai satu-satunya media secara independen melakukan hitung cepat saat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014.

Dengan begitu pengalaman sudah dimiliki oleh Litbang Kompas. Bahkan pengalaman selama ini membuktikan hasilnya selalu akurasinya terjaga dan sangat mendekati hitungan KPU (real count).

Halaman
12
Editor: Syaiful Syafar
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved