Berita Video

VIDEO – Rumah Warga Terancam Pengikisan Air Sungai Buaya di Bulungan

sebuah jalan kayu yang berada tepat di depan barisan rumah warga, yang sudah turun dari posisi semula karena pondasi semakin lemah, juga belum kunjung

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Doan Pardede

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Tahun berganti, tak ada perubahan berarti seputar kondisi permukiman warga yang terancam pengikisan oleh air sungai (erosi), tepatnya di pinggir Sungai Buaya RT 14 RW 07 Tanjung Rumbia, Kelurahan Tanjung Selor Ilir, Tanjung Selor.

Kawasan ini dihuni ratusan warga yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan.

Pantauan Tribunkaltim.co di lokasi Minggu (26/2/2017) siang, sebuah jalan kayu yang berada tepat di depan barisan rumah warga, yang sudah turun dari posisi semula karena pondasi semakin lemah, juga belum kunjung diperbaiki.

Padahal, jalan kayu ini juga menjadi salah satu akses utama warga. Selain dilalui pejalan kaki, jalan kayu ini juga kerap dilintas sepeda motor warga.

Namun, 4 rumah yang pada akhir tahun 2016 lalu mulai miring dan terancam roboh, sudah kembali tegak berdiri. Sebanyak 4 rumah ini memang sangat rawan ambruk karena posisinya tepat berada di belokan sungai.

Baca: VIDEO – Gubernur Kaltara Pantau Dampak Banjir Air Rob Selat Makassar di Pesisir Timur Bulungan

Ketua RW 007 Abdul Wahid menuturkan, tergerusnya pinggiran sungai ini mulai sangat terasa sejak tahun 2004, atau sudah sekitar 12 tahun berlalu. Jika dihitung-hitung kata dia, daratan sudah menyusut sepanjang lebih dari 20 meter.

Penulis: Doan E Pardede
Editor: Martinus Wikan
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved