Pilkades Serentak

Semarakkan Pilkades dan Tingkatkan Partisipasi Pemilih, Penyelenggara Siapkan Doorprize

"Ya sekalian buat dapat hadiah juga. Sambil memilih ada doorprize-nya," ujar Sapta, salah satu warga di lokasi pemilihan.

Semarakkan Pilkades dan Tingkatkan Partisipasi Pemilih, Penyelenggara Siapkan Doorprize
TRIBUN KALTIM / DOAN E PARDEDE
Usai mencoblos dalam Pilkades, masing-masing warga Desa Gunung Sari mendapat kupon undian, Selasa (27/02/2017). 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Doan Pardede

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahap pertama di Kabupaten Bulungan mulai digelar, Selasa (28/2/2017).

Pilkades tahap pertama ini diikuti sebanyak 10 desa dari total 74 desa yang ada di Kabupaten Bulungan.

Pantauan Tribunkaltim.co di Desa Gunung Sari, walau diguyur hujan, ratusan warga tetap antusias mengikuti jalannya pilkades.

Mulai dari remaja, ibu-ibu hingga bapak-bapak tampak memenuhi kantor Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Gunung Sari di Jalan Pembangunan, tempat pemungutan suara dilakukan.

Di dalam ruangan ini, warga yang sudah dipanggil namanya dipersilahkan untuk mencoblos kertas suara di 4 bilik yang sudah disediakan.

Tak ubahnya pilkada atau pilpres, jari warga juga diberi tinta sebagai penanda telah memberikan hak suaranya.

"Hari ini terpaksa libur kerja, mau ikut memilih dulu," ujar Sanata, salah seorang warga.

Untuk semakin menyemarakkan suasana Pilkades dan meningkatkan minat warga ikut Pilkades, pihak Desa Gunung Sari, Kecamatan Tanjung Selor juga menyediakan doorprize yang diundi usai pencoblosan.

Belasan hadiah menarik juga sudah disiapkan bagi warga yang beruntung. Masing-masing warga yang sudah memberikan hak suara akan diberikan sebuah kupon biru berisi angka.

Salah seorang warga, Sapta yang ditemui di lokasi mengakui bahwa adanya doorprize ini juga membuat dia dan keluarga bersemangat mendatangi lokasi pemungutan suara.

"Ya sekalian buat dapat hadiah juga. Sambil memilih ada doorprize-nya," ujar Sapta, salah satu warga di lokasi pemilihan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bulungan Hanafiah menyebut bahwa berdasarkan laporan yang diterima, pelaksanaan pilkades di 9 titik lainnya relatif lancar.

Dan menurutnya, antusiasme warga menggunakan hak pilihnya dalam pilkades ini juga patut diapresiasi.

Karena pada dasarnya, kata dia, salah satu tujuan pelaksanaan pilkades serentak ini adalah pembelajaran politik bagi warga, untuk semakin perduli terhadap semua pesta demokrasi yang ada di Indonesia.

"Jadi ini semangatnya partisipatif. Calon Kades sukarela mengajukan diri dan warga juga memilih sendiri pemimpinnya," ujarnya.

Hanafiah menyebut bahwa pihak desa memang diperkenankan berkreasi untuk meningkatkan jumlah pemilih di wilayahnya.

Dan terbukti kata dia, adanya doorprize ini juga secara tidak langsung berimbas pada meningkatnya jumlah warga yang datang memberikan hak pilihnya.

"Ya sambil memilih bisa dapat hadiah lah," ujarnya. (*)

Penulis: Doan E Pardede
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved