Kapolda Tanda Tangani Pakta Integritas Penerimaan Polri, Ada yang Janggal Orangtua Boleh Komplain

Seperti jika ada calon siswa yang tidak lolos di tes kesehatan. Mereka punya hak meminta panitia agar memberikan hasil tes.

Kapolda Tanda Tangani Pakta Integritas Penerimaan Polri, Ada yang Janggal Orangtua Boleh Komplain
TRIBUN KALTIM/MUHAMMAD FACHRI RAMADHANI
Pembacaan Pakta Integritas perwakilan orangtua, calon siswa, dan panitia di ruang Rupatama Polda Kaltim, Kamis (2/3/2017). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Pakta Integritas dan Rikmin Awal Penerimaan SIPSS Tahun 2017 Panitia Daerah Kaltim resmi di tanda tangani, Kamis (2/3/2017).

Kapolda Kaltim Irjen Pol Safaruddin menegaskan apabila dalam proses selanjutnya terdapat kejanggalan, orangtua calon siswa boleh komplain.

Seperti jika ada calon siswa yang tidak lolos di tes kesehatan. Mereka punya hak meminta panitia agar memberikan hasil tes.

Dengan catatan peserta juga harus aktif meminta kepada panitia. Orangtua atau wali juga dipersilahkan menguji kesehatan anaknya ke dokter lain.

"Misalnya, saat tes pendaftar divonis sakit varises oleh panitia, orangtua atau wali berhak memeriksakan si anak ke dokter lain, tentang kebenaran sakit tersebut. Jadi boleh komplain," jelasnya.

Lanjut Jenderal bintang 2 tersebut, setelah dibacanya pakta integritas dan dilanjutkan dengan penandatangan oleh calon siswa, orangtua, dan panitia maka semua yang terkait dalam penerimaan ini sudah sepakat untuk menghindari segala bentuk kecurangan.

“Kami mengingatkan kembali kepada para calon siswa dan orangtuanya bahwa tes SIPSS ini gratis, tidak membayar,” serunya.

Safaruddin berharap penerimaan calon siswa Polri SIPSS tahun 2017 bisa berjalan lancar sesuai dengan rencana. Panitia yang telah disumpah secara nasional diharapkan dapat melaksanakan tugasnya secara profesional.

Untuk diketahui, Kapolda Kaltim langsung memimpin penandatanganan Pakta Integritas dan Rikmin Awal Penerimaan SIPSS Tahun 2017 Panitia Daerah (Panda) Kaltim.

Penandatanganan berlangsung di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Mapolda Kaltim diikuti 60 calon siswa beserta orangtua, dan seluruh panitia daerah.

Prosesi penandatanganan pakta integritas diawali pembacaan dari perwakilan orangtua atau wali peserta SIPSS Tahun 2017 atas nama Ishak. Dilanjutkan pembacaan dari perwakilan peserta seleksi bernama Muhamad Alpiannur, S.Kom, terakhir Ketua Panitia Daerah Kombes Pol. Drs. Sri Eko Pranggono membacakan pakta integritas mewakili panitia.

Usai pembacaan pakta integritas, barulah dilakukan penandatangan oleh perwakilan panitia, orang tua/wali dan peserta secara bersama-sama, termasuk Kapolda Kaltim sebagai pejabat yang mengetahui.

Turut hadir dalam penandatangan tersebut Wakapolda Kaltim Brigen Pol Mulyana Hardjo, Msc, Irwasda Polda Kaltim Kombes Pol Darmawan, M.Hum serta pejabat utama Polda Kaltim, pengawas internal maupun eksternal. (*)

Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved