Nah, Ini Dia Wejangan Kapolda kepada Ratusan Personel Polisi Baru di Kaltim

Safaruddin menyampaikan, di dalam era demokratisasi dan globaliasasi membawa pengaruh besar terhadap eksistensi institusi Polri.

Nah, Ini Dia Wejangan Kapolda kepada Ratusan Personel Polisi Baru di Kaltim
TRIBUN KALTIM/MUHAMMAD FACHRI RAMADHANI
Bintara Polri TA 2016-2017 unjuk kebolehan di depan Kapolda kaltim beserta pejabat utama Polda di lapangan SPN Polda Kaltim, Selasa (7/3/2017). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Usai resmi dilantik sebagai anggota Polri, 207 bintara diberikan wejangan khusus oleh Kapolda Kaltim Irjen Pol Safaruddin.

Wejangan itu berupa amanat pada Upacara Penutupan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Tahun Anggaran 2016-2017, Selasa (7/3/2017) di Lapangan SPN Polda Kaltim.

Safaruddin menyampaikan, di dalam era demokratisasi dan globaliasasi membawa pengaruh besar terhadap eksistensi institusi Polri sebagai alat negara di bidang Keamanan dan ketertiban masyarakat.

Adapun yang bakal dihadapi oleh Polri saat ini selain menghadapi kejahatan bersifat konvensional, mereka juga akan melawan jenis kejahatan berdimensi baru. Pada prinsipnya kejahatan itu merupakan gangguan keamanan.

Tantangan tersebut harus dihadapi Polri demi menegakkan hukum, memelihara kamtibmas sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

"Mulai hari ini saudara resmi menjadi anggota Polri. Pada diri saudara melekat berbagai tugas, dan tanggungjawab sebagai bhayangkara negara. Sodara dibekali kemampuan teknis dan taktis yang memadai. Aplikasikan itu di lapangan," seru Jenderal bintang 2 tersebut.

Baca: 7 Bulan Sekolah, 207 Siswa Bintara Resmi Pakai Seragam Polisi

Menghadapi realitas tantangan ke depan salah satu caranya Polri meluncurkan Program Profesional, modern dan Terpercaya (Prometer).

Dimana inti dari promoer itu yakni perbaikan pada kultur budaya Polri, peningkatan kinerja Polri, dan manajemen media.Tujuannya tak lain meningkatkan public trust.

"Agar kita bisa survive dengan dinamika tantangan yang ada. Selain itu Institusi Polri harus didukung SDM yang andal, memahami tugas dan peranannya. Salah satu upaya yang ditempuh melalui pelaksanaan Diktuk Bintara Polri ini," ungkapnya.

Untuk diketahui, Selasa (7/3/2017) Institusi Polri melantik 9.842 Personel, terdiri dari 9.244 Polisi laki-laki, dan 598 Polisi Wanita. Dengan sebaran sebanyak 8.656 Polisi tugas umum, 438 Bintara Polisi Penyidik Pembantu dan 150 Bintara Polair.

Safaruddin menguraikan harapannya agar mereka dapat menjalankan tugas dengan tak melupakan iman dan takwa kepada tuhan. Menganggap tugas yang diemban bagian dari ibadah.

Menjauhkan hal yang dapat merusak diri. Memahami nilai luhut Tribrata dan Catur Prasetya. Menerapkan pola hidup sederhana. Tak terjebak dalam perilaku koruptif dan hedonisme. Menjadi teladan dalam kehidupan masyrakat, agar dapat memperkuat citra positif polri. Lalu tetap menjalin sinergi dengan elemen bangsa lainnya.

"Selamat kepada bintara Polri menyelesaikan pendidikan. Jadikan anugerah ini sebagai amanah yang anda junjung tinggi. Selamat kepada orang tua dan keluarga. Jangan pernah berhenti mendukung dan mendoakan mereka saat terjun ke masyarakat," urainya. (*)

Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved