Demmu: Persoalan Tenaga Kontrak VICO Segera Dibahas Menteri dan SKK Migas

"Mereka ada pertemuan rutin setiap hari Selasa. Itu akan disampaikan ke Menteri dan SKK Migas selaku operatornya," jelas Demmu.

Demmu: Persoalan Tenaga Kontrak VICO Segera Dibahas Menteri dan SKK Migas
vico.co.id
Fasilitas kilang migas Vico Indonesia di Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara. 

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Budhi Hartono

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Anggota Komisi III DPRD Provinsi Kaltim, Baharuddin Demmu, menjelaskan hasil pertemuan dengan Direktorat Jenderal Pembinaan Hulu Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jumat (10/3) kemarin.

Pihak Ditjen berjanji akan melanjutkan pembahasan ke Menteri ESDM, Selasa (14/3/2017).

Aspirasi tenaga kerja kontrak yang disampaikan melalui Forum Komunikasi Masyarakat Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, mendapat respon dari Kementerian ESDM.

"Mereka berterima kasih kepada Komisi III karena menyampaikan informasi soal adanya reaksi dari tenaga kontrak yang bekerja di VICO. Mereka tidak ingin ketika pengelolaan diserahkan ke Pertamina ada gejolak soal tenaga kontrak," ungkap Baharuddin Demmu dari Fraksi PAN DPRD Kaltim, kepada Tribun, Minggu (12/3/2017).

Dalam pertemuan itu, lanjut Demmu, Dirjen Pembinaan Hulu Migas Kementerian ESDM, mengatakan akan menyampaikan ke Menteri ESDM.

"Mereka ada pertemuan rutin setiap hari Selasa. Itu akan disampaikan ke Menteri dan SKK Migas selaku operatornya," jelas Demmu.

Menurut dia, persoalan kontrak karya di beberapa perusahaan migas, tidak menimbulkan gejolak ketenagakerjaan.

Misalnya, kata dia, Chevron yang akan habis masa kontraknya 2018, tidak melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Ini yang jadi pertanyaan kami ke VICO. Sementara Chevron saja yang juga akan habis masa kontraknya di 2018 tidak ada PHK. Kenapa VICO ada persoalan tenaga kontrak tidak diperpanjang kontraknya. Dan rata-rata pekerja itu warga Muara Badak," kritik Demmu. (*)

Penulis: Budhi Hartono
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved