Butuh Tambahan Ratusan Personel, Polresta Samarinda Hanya Dapat 11 Bintara Baru

Untuk diketahui, tahun ini terdapat 16 personel kepolisian yang pensiun dan 1 personel yang meninggal dunia.

Butuh Tambahan Ratusan Personel, Polresta Samarinda Hanya Dapat 11 Bintara Baru
TRIBUN KALTIM / NEVRIANTO HARDI PRASETYO
Kapolresta Samarida, Kombes Pol Reza Arief Dewanto 

TRIBUNKALTIM.CO - Jajaran kepolisian Polresta Samarinda mengakui masih kekurangan personil kepolisian, kendati baru-baru ini mendapatkan tambahan anggota polisi yang baru saja menyelesaikan pendidikan.

Hal itu diungkapkan oleh Kapolresta Samarinda, Kombes Pol Reza Arief Dewanto.

Mantan Kasat Brimob Polda Sulawesi Tengah itu menjelaskan, saat ini terdapat 968 personel, dan ditambah 11 bintara baru, dengan total 979 personel.

Padahal, sesuai dengan daftar susunan personil Polri (DSPP), Polresta Samarinda membutuhkan 1.322 personel.

"Seharusnya sesuai dengan DSPP Mabes Polri, Polres membutuhkan 1.000-an lebih personel, namun saat ini hanya terdapat 900-an personel. Ini sudah termasuk dengan personel di polsek-polsek. Tentu saat ini masih kurang dan kami butuh personel lagi, walaupun belum lama ini kami baru dapat 11 personel baru," ungkapnya, Rabu (29/3/2017).

Lanjut dia menjelaskan, dengan kurangnya personel yang ada, dirinya mengakui kalau selama ini kepolisian cukup keteteran dalam menjalan tugas dan fungsinya, terlebih di tingkatan Polsek.

"Jelas kita banyak keteteran, terlebih di level Polsek. Walaupun kita sudah drop anggota, namun ada saja yang pensiun, sakit, maupun meninggal," tuturnya.

Dia pun berharap, dengan adanya penerimaan anggota kepolisian di tahun ini, Polresta Samarinda dapat kembali mendapatkan penambahan personel.

"Kita harap dapat tambahan lagi sesuai dengan pertimbangan Polda, yang jelas Polda kan tidak hanya mengurusi Samarinda saja, namun Polres lain juga. Terlebih saat ini Polda tengah menyiapkan untuk pembentukan Polda Kaltara, jadi pasti di sana membutuhkan banyak personel," ungkapnya.

Untuk diketahui, tahun ini terdapat 16 personel kepolisian yang pensiun dan 1 personel yang meninggal dunia.

Tahun ini juga telah dilaksanakan pendaftaran penerimaan anggota kepolisian, yang telah dilakukan sejak tanggal 14 Aaret-15 April. Hingga saat ini, telah terdapat 300 lebih pendaftar di Polresta Samarinda. (*)

Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved