Sehari Lakukan 17 Operasi Darurat dan Ada 4 Meninggal Dunia, Basarnas Bentuk Forum Koordinasi

Menurutnya, potensi bencana khususnya di perairan di Kaltim cukup tinggi. Maka dari itu budaya safety wajib disosialisasikan kepada masyarakat.

Sehari Lakukan 17 Operasi Darurat dan Ada 4 Meninggal Dunia, Basarnas Bentuk Forum Koordinasi
tribunkaltim.co/muhammad fachri ramadhan
Rapat Pembentukan Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan (FKP3) Wilayah Kerja Kantor SAR Balikpapan di Hotel Gran Senyiur, Rabu (29/3/2017) 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Muhammad Fachri Ramadhani

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - "Dalam sehari Basarnas melakukan operasi pencarian 17 sampai 19 kali, satu harinya bisa mencapai 4 orang meninggal dunia.

Kalau setahun 365 hari, tinggal dikalikan saja," ujar Deputi Bidang Potensi SAR Basarnas Pusat, Marsekal Muda TNI Dody Trisunu, dalam sambutannya pada Rapat Pembentukan Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan (FKP3) Wilayah Kerja Kantor SAR Balikpapan.

Menurutnya, potensi bencana khususnya di perairan di Kaltim cukup tinggi. Maka dari itu budaya safety wajib disosialisasikan kepada masyarakat.

Mengubah kebiasaan yang justru membahayakan bagi masyarakat, tentunya tidak mudah.

Baca: Arus Kencang dan Ombak Tinggi Basarnas Cari Muharam ABK yang Tenggelam di Perairan Muara Badak

"Namun jika seluruh lapisan masyarakat, dari unsur paling bawah hingga atas menyadari pentingnya keselamatan dan langkah menghindari musibah.

Hal tersebut tentu menekan potensi terjadinya bencana," tuturnya.

Lanjut Dody, Dalam operasi kemanusian ada 4 pilar komponen SAR, terdiri dari Basarnas, TNI Polri, Pemerintah Daerah dan potensi SAR.

Kendati berdasarkan UUD pencarian dan pertolongan di bawah kendali SAR, namun tanpa sinergitas dan koordinasi dari stakeholder yang lain, tentunya SAR tak bisa berbuat banyak.

"Makanya setiap kali dilaksanakan operasi selalu disebut Tim SAR Gabungan. Empat pilar selalu kita sebut dalam operasi SAR," tuturnya.

Baca: VIDEO – Basarnas Lakukan Atraksi Penanganan Kecelakaan di Hari Ulang Tahun

Menyadari hal itu, maka perlu dibentuk forum koordinasi, sehingga dapat melakukan rapat berkala membahas persoalan kebencanaan, kecelakaan dan kedaruratan.

Pembentukan FKP3 untuk mengintegrasikan potensi SAR. Perlu dibentuk wadah koordinasi stakeholder dan potensi SAR. Forum ini diharapkan mampu meningkatkan kompetensi personel," ungkap Dody.

"Melalui Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan wilayah kerja kantor SAR Balikpapan, kita tingkatkan soliditas, kapabilitas, dan sinergitas guna menghadapi kecelakaan, bencana, dan korban membahayakan manusia," harapnya. (*)

Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved