Peretasan Situs Telkomsel, Pelajaran yang Dapat Dipetik: Industri Telekomunikasi tak Sekadar Harga

Peretas yang berhasil masuk ke situs operator terbesar di Indonesia tersebut menulis keluhan terhadap harga layanan internet yang diberikan Telkomsel.

Peretasan Situs Telkomsel, Pelajaran yang Dapat Dipetik: Industri Telekomunikasi tak Sekadar Harga
Sumber Lain
Telkomsel diretas 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Dunia maya pada Jumat 28 April 2017 ini digegerkan dengan situs Telkomsel yang diretas oleh hacker.

Peretas yang berhasil masuk ke situs operator terbesar di Indonesia tersebut menulis keluhan terhadap harga layanan internet yang diberikan oleh Telkomsel.

Menurut Kahlil Rowter, Chief Economist PT. Danareksa Sekuritas, tarif internet yang ditetapkan oleh Telkomsel saat ini tidak ada yang perlu dipermasalahkan.

"Sebab, saat ini, tarif yang berlaku di Telkomsel adalah tarif yang fair dan tidak ada indikasi usaha untuk monopoli atau anti kompetisi," kata dia di Jakarta, Jumat (28/4/2017).

Selain itu, kualitas yang diberikan oleh Telkomsel juga dinilai Kahlil jauh lebih baik dan transparan ketimbang operator serupa yang menjalankan bisnis yang sama.

Baca: Situs Resmi Telkomsel Diretas, Pesan Peretas: Murahin Harga Kuota Internet!

"Seharusnya, masyarakat sudah bisa melihat industri telekomunikasi itu tidak sekadar harga saja.," katanya

Tetapi, juga harus dilihat dari kualitas layanan yang diberikan oleh operator telekomunikasi (quality of service) dan keterjangkauan jaringan. Karena kualitas layanan ini adalah abstrak, maka pemerintah harus mengatur.

Kahlil mengatakan, ada operator yang menyediakan tarif murah, namun kualitas layanan yang diberikan masih terbilang rendah.

Seperti masih adanya blank spot, gagal sambung dan penurunan kualitas layanan lainnya.

Halaman
1234
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved