Berita Pemkab Kutai Timur

Asyiknya Menikmati Air Terjun Batu Lapis di Kecamatan Kaliorang

Meski cuaca di Kutim terbilang panas, namun di kawasan ini, suasananya sangat sejuk dengan semilir angin sepoi-sepoi.

Asyiknya Menikmati Air Terjun Batu Lapis di Kecamatan Kaliorang
HO_HUMAS PEMKAB KUTIM
Objek wisata air terjun Batu Lapis di Kecamatan Kaliorang Kabupaten Kutai Timur 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA - Keindahan objek wisata di wilayah kabupaten Kutai Timur tak kalah menarik dibanding yang ada di daerah lain. Wisata pantai, perbukitan, hutan hingga wisata air terjun pun ada.

Satu lagi objek wisata yang patut untuk disinggahi adalah air terjun Batu Lapis di Kecamatan Kaliorang. Sesuai namanya, dinding-dinding batu di sekeliling permandian di air terjun itu berdiri berlapis-lapis.

Untuk menuju kawasan wisata ini tidaklah sulit dan bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Jarak tempuhnya sekitar dua jam dari ibukota Kabupaten Kutai Timur, Sangatta.

Tiba di sebuah warung dekat portal cam 3 milik Ketua RT 15, Kecamatan Kaliorang, Karsono, kendaraan bisa diparkir.

Dari situ, cukup menyusuri jalan setapak yang menurun, sepanjang sekitar 1 kilometer, di antara semak belukar.

Cukup 30 menit dan suguhan pemandangan juga suara deburan air tumpah langsung bisa dinikmati. Air terjun dipadu dinding berlapis dan aliran sungai yang jernih menuju danau berwarna hijau, sangat memesona hadir di depan mata.

Meski cuaca di Kutim terbilang panas, namun di kawasan ini, suasananya sangat sejuk dengan semilir angin sepoi-sepoi.  

Menjejakkan kaki di dalam aliran sungai,  kesegarannya langsung terasa. Membuat penikmatnya tak sanggup melawan keinginan bermain air di sungai tersebut.

Dengan ketinggian tebing sekitar 7 meter, air terjun Batu Lapis cukup menghibur tubuh yang sedang penat dan lelah dengan rutinitas.

Di sekitar tumpahan air pun terdapat cerukan untuk memudahkan pengunjung mandi sambil menikmati aliran air. “Ini surga kecil, menurut saya,” ungkap Santi, salah satu pengunjung asal Sangatta, mengungkapkan keindahan wisata air terjun Batu Lapis.

Air terjun Batu Lapis, menurut Ketua Peduli Wisata Kutai Timur (RPWKT), Udin Kate Daeng Mattanring, awalnya bernama air terjun Mangkok.

Kemudian berubah menjadi Ngarai Hitam dan diubah lagi menjadi Ngarai Hijau agar tak terkesan seram. Sekarang, namanya menjadi Air Terjun Batu Lapis, sesuai pemandangan yang dihadirkan di sekitar kawasan tersebut. (advertorial/hms_Yani)

Editor: Kholish Chered
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved