Breaking News:

Berita Pemkab Penajam Paser Utara

Koleksi Kuno Bupati dari Keris Lembuswana, Al Quran, hingga Pedang Persia akan Dipamerkan di MTQ

Dari sejumlah koleksi antik seperti keris Kembuswana yang menurut catatan sejarah dibuat pada abad ke-4 di Kerajaan Palawa, India Selatan.

tribunkaltim.co/samir paturusi
Koleksi Al Quran dari daun lontar milik pribadi Bupati Yusran Aspar yang akan dipamerkan di MTQ 

PENAJAM - Siapa sangka Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Yusran Aspar memiliki sejumlah koleksi benda-benda pusaka bersejarah yang usianya mencapai ratusan tahun.

Dari sejumlah koleksi antik seperti keris Kembuswana yang menurut catatan sejarah dibuat pada abad ke-4 di Kerajaan Palawa, India Selatan.

Dari catatan sejarah, keris tersebut memiliki kegunaan sebagai benda pusaka resmi Maharaja Kudungga yang merupakan Raja pertama Kerajaan Mulawarman.

Latar belakang keris ini, menurut catatan seorang sejarawan Eropa bernama A Bergaqne meneliti sebuah prasasti di daerah Dong-Duang Kamboja pernah menyebutkan bahwa seorang keturunan Raja Palawa dari India Selatan bernama Kudungga.

Karena ia bukan putra mahkota pewaris kerajaan, maka Kudungga diperintahkan agar merantau mencari wilayah untuk mendirikan kerajaan baru.

Baca: Menjadikan Petani Mandiri dan Sejahtera, Bupati PPU Lepas 50 KTNA Ikuti Penas di Banda Aceh

Baca: Sebelum Setujui Pinjaman di PT SMI, Tim Kemendagri Tinjau Proyek di PPU Hari Ini

Kemudian sebelum berangkat ia diberi bekal oleh ayahnya berupa pusaka keris lembuswana dan kalung uncal bermotif mitologi hindu yang selanjutnya kudungga mendirikan kerajaan Mulawarman di Kaltim.

Saat ditanya tentang asal-muasal benda bersejarah tersebut hanya menjawab santai dan menilai merupakan rahasia. “Hehehe...itu rahasia perusahaan,“ kata Yusran.

Selain koleksi keris lembuswana ini, Yusran juga mempunyai koleksi berupa Al Quran abad ke 15 masehi yang diperkirakan berasal dari Kerajaan Samudra Pasai atau kerajaan Demak, Jawa Tengah.

Halaman
123
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved