Berita Video

VIDEO – Menyaksikan Dari Dekat Bekantan di Kawasan Hutan Mangrove Graha Indah Balikpapan

Kebetulan Tribunkaltim kala itu sedang beruntung. Cuaca yang sayahdu pada sore hari membuat para bekantan terlihat di bagian daratan mangrove juga ada

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co Budi Susilo

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Bagi anda yang selama ini belum melihat seperti apa wujud asli primata Bekantan, monyet berhidung mancung.

Sempatkanlah waktu untuk mengunjungi kawasan hutan mangrove Graha Indah Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.

Saat itu Tribunkaltim.co pada Kamis (11/5/2017) sempatkan waktu menyambangi lokasi ini pada sore hari. Hal ini terekam dalam video.

Binatang yang merupakan endemik pulau Kalimantan ini hanya bisa dilihat saat pagi hari dan sore hari.

Kebetulan Tribunkaltim kala itu sedang beruntung. Cuaca yang sayahdu pada sore hari membuat para bekantan terlihat di bagian daratan mangrove juga ada yang sebagian bergelantungan di beberapa pohon mangrove.

Hutan mangrove kawasan ini terjaga dengan baik. Sang inisator mangrove center Graha Indah, Agus Bei mengatakan, ini sudah menjadi aset yang tidak lagi ternilai harganya. Kelestariannya asli dan mesti tetap terjaga.

"Disini diperkirakan jumlah Bekantan bisa mencapai 600 ekor. Dahulu tidak sebesar ini jumlahnya karena mangrove waktu itu sempat rusak," katanya.

Baca: VIDEO - Air Pasang Belum Surut Undangan Tetap Hadiri Pesta Syukuran Panen Warga

Lokasi ini sangat dekat dengan pusat kota dari Bandara Udara Internasional Sepinggan Balikpapan bisa ditempuh sampai 45 menit melalui jalur darat.

Untuk masuk ke lokasi ini tidak dipungut biaya sepeser pun, alias gratis. Kecuali saat ingin mengarungi perairan mangrove tentu saja dikenaik biaya pengganti jasa sopir perahu dan bensin.

Satu perahunya bisa disewa dengan harga Rp 300 ribu saja. Per perahu bisa diisi sampai delapan orang. Tempat ini dibuka setiap hari. ( )

Penulis: Budi Susilo
Editor: Martinus Wikan
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved