Raja Salman Tuding Iran Sebagai Sponsor Terorisme Dunia

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz menyebut Iran sebagai penyebar paham radikalisme dunia, terutama sejak revolusi (Ayatollah Ruhollah) Khomaini.

Raja Salman Tuding Iran Sebagai Sponsor Terorisme Dunia
(MANDEL NGAN / AFP)
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz berfoto bersama Presiden AS Donald Trump dan puluhan pemimpin negara-negara Muslim antara lain Raja Jordania Abdullah dan Presiden Mesir Abdul Fattah al-Sisi. 

TRIBUNKALTIM.CO, RIYADH - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz, Minggu (21/5/2017), menyebut Iran sebagai penyebar paham radikalisme ke seluruh dunia.

"Rezim Iran telah lama menjadi pemimpin terorisme global sejak revolusi (Ayatollah Ruhollah) Khomeini pada 1979," ujar Raja Salman dalam pidatonya di hadapan puluhan kepala negara termasuk Presiden AS Donald Trump, di Riyadh.

"Kami tak mengetahui terorisme dan ekstremisme hingga revolusi Khomeini muncul," tambah Salman.

Dalam pidato yang sama, Raja Salman juga berjanji bahwa Arab Saudi tetap akan berupaya untuk menghancurkan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Sementara itu, Presiden Trump menyerukan agar negara-negara Muslim menolak untuk melindungi kelompok eksremis dan menyerukan isolasi terhadap Iran.

Iran, menurut Presiden Trump, adalah negara yang menyebabkan maraknya konflik sektarian dan terorisme.

"Dari Lebanon ke Irak hingga Yaman, Iran mendanai , mempersenjatai, dan melatih para teroris, milisi, dan kelompok-kelompok ekstremis yang menyebarkan kehancuran serta kekacauan di seluruh kawasan," tambah Trump dalam pidatonya.

"Hingga rezim Iran bersedia ikut menciptakan perdamaian dunia, semua negara harus bekerja sama mengucilkan Iran dan berdoa agar rakyat Iran segera mendapatkan pemimpin yang tepat," ujar Trump.

Trump mengunjungi Arab Saudi sebagai negara pertama dalam rangkaian perjalanan kerja perdana ke luar negeri sejak memerintah.

Di Arab Saudi, Trump bertemu dengan puluhan pemimpin negara Muslim yang hadir di Riyadh untuk menghadiri sebuah KTT khusus.

Selain menghadiri KTT negara-negara Muslim ini, Presiden Trump juga meneken kesepakatan penjualan senjata ke Arab Saudi dengan nilai hampir 100 miliar dolar AS.

(Ervan Hardoko)

Berita ini dipublikasikan Kompas.com dengan judul "Raja Salman Sebut Iran Sebagai Sponsor Terorisme Dunia"

Editor: Maturidi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved