Breaking News:

Berita Pemkab Penajam Paser Utara

Digelar di Kampung Logpond, Waru 20-22 Mei, Olai and River Festival Datangkan Wisatawan Mancanegara

Olai yang berarti besar adalah simbolik harapan masyarakat yang begitu besar terhadap sungai yang merupakan tempat dan sumber mata pecaharian mereka

Editor: Amalia Husnul Arofiati
HO - Humas Pemkab PPU
Sejumlah masyarakat sedang naik kapal nelayan untuk menelusuri Sungai Tunan yang merupakan agenda Olai & River Festival di Kampung Logpon 

PENAJAM - Karang Taruna Kelurahan Waru, Kecamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara (Kab. PPU) menggelar Olai & River Festival.

Festival yang dibuka Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Tita Deritayati, Sabtu (20/5/2017) di Kampung Logpond, SDR, bertujuan untuk mengangkat kearifan lokal budaya masyarakat setempat yang mayoritas adalah nelayan.

Olai yang berarti besar adalah simbolik harapan masyarakat yang begitu besar terhadap sungai yang merupakan tempat dan sumber mata pecaharian mereka sebagai nelayan.

Dalam Olai & River Festival juga menyajikan hiburan rakyat tradisional, permainan gambus dan sajian tari rakyat serta Festival Kuliner Tradisional dan pameran produk UKM masyarakat setempat.

Baca: Terima Kunker Komisi I DPRD Kukar, Wabup Mustaqim MZ Beberkan Upaya Perluasan Perkebunan Rakyat

Baca: Catatan Pelaksanaan MTQ ke-39 Tingkat Kaltim di PPU, Pantau Persiapan Hingga Pukul 24.00

Ketua Panitia Olai & River Festival, Abdurahmman menjelaskan, semua elemen masyarakat terlibat dalam kegiatan ini, mulai anak-anak yang menyuguhkan festival laduman, kemudian para ibu menyiapkan festival kuliner dan jajanan tradisonal serta bapak-bapak menyiapkan kapal nelayan untuk susur sungai.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Tita Deritayati berharap agar kegiatan ini bisa menjadi agenda tahunan.

Menurutnya, kegiatan ini untuk mengangkat kearifan lokal masyarakat sehingga harus diberikan apresiasi dan perlu dilestarikan terutama kegiatan susur sungai.

Apalagi katanya, festival ini bisa mendatangkan wisatawan mancanegara, apalagi di sekitar Sungai Tunan menyimpan potensi Primata langka seperti Bekantan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved