Gempa Bumi

BREAKING NEWS - Dampak Gempa Bumi di Poso, Tower Bandara SAMS Sepinggan Ikut Bergetar

Gempa yang terjadi di barat laut Poso, Sulteng tersebut juga dirasakan dampaknya di sebagian wilayah Kota Balikpapan dan sebagian kecil Kota Samarinda

BREAKING NEWS - Dampak Gempa Bumi di Poso, Tower Bandara SAMS Sepinggan Ikut Bergetar
Tribun Luwu/Desy
Pengunjung Cafe T-Nine House, di Jl Topoka, Kecamatan Belopa, Luwu, Sulsel, berhamburan keluar kafe saat merasakan benda-benda dalam kafe bergoyang pertanda terjadi gempa, Senin (29/5/17) malam. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Gempa bumi berkekuatan 6,6 Skala Richter (SR) terjadi Senin (29/5/2017) malam sekitar pukul 21.35.

Dikutip dari situs bmkg.go.id, pusat gempa berada di 38 km sebelah barat laut Poso, Sulawesi Tengah. Titik pusat gempa berada pada kedalaman 10 km.

Gempa bumi tektonik yang tidak berpotensi tsunami tersebut ikut dirasakan juga di sebagian wilayah di Kota Balikpapan dan Samarinda.

Gempa terkini
Gempa terkini (bmkg.go.id)

Dari percakapan di grup WhatsApp, Info Bencana Kota BPP, warga menyebutkan merasakan getaran gempa di dalam rumah hingga rumah juga terasa goyang.

Menurut warga yang tinggal di kawasan Kampung Timur, Kelurahan Gunung Samarinda Baru, Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan tersebut bukan hanya dirinya namun warga di sekitar kampungnya juga merasakan getaran tersebut.

percakapan gempa di Wa
percakapan gempa di Wa (Screenshot WhatsApp Grup INFO BENCANA KOTA BPP)

Gatot Rudiantoro, Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Kota Balikpapan ketika dikonfirmasi tribunkaltim.co melalui WhatsApp (WA) membenarkan hal tersebut.

"Gempa yang terjadi di barat laut Poso, Sulawesi Tengah tersebut juga dirasakan dampaknya di beberapa wilayah di Kota Balikpapan dan sebagian kecil Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur. 

"Balikpapan dampaknya terasa ada getaran, hanya kecil.  Dan bisa sampai ke Samarinda terasa getaran kecil. Namun tidak berbahaya," katanya melalui percakapan WA.

Bukan hanya warga yang merasakan bergetar. Tower di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Kota Balikpapan juga dikabarkan ikut terdampak sehingga dirasakan ada getaran.

Informasi gempa yang dirilis BMKG di linimasa Twitter.
Informasi gempa yang dirilis BMKG di linimasa Twitter. (Twitter)

Gatot juga menyampaikan getaran tidak sampai menyebabkan kerusakan bangunan. Demikian juga dengan getaran di tower Bandara Internasional SAMS Sepinggan.

"Kondisi tower bandara tidak ada kerusakan. Cuma merasakan getaran saja sekitar satu detik," kata Gatot.

Menurut BMKG, dampak yang dirasakan di Balikpapan masih dalam kategori II-III MMI.

Penjelasan II - MMI adalah getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Sedangkan III - MMI adalah getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Gatot mengimbau masyarakat di Balikpapan tidak terlalu cemas. "Apabila ingin mendapatkan info yang jelas, dapat menghubungi BMKG," katanya. (*)

Penulis: Fachmi Rachman
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved