Menguat, Pindahkan Ibukota Kabupaten Bulungan ke Seberang Sungai di Tanjung Palas

penunjukan Kecamatan Tanjung Palas sebagai pusat pemerintahan baru Kabupaten Bulungan sudah mengemuka sejak Tanjung Selor sebagai Ibu Kota Provinsi

Menguat, Pindahkan Ibukota Kabupaten Bulungan ke Seberang Sungai di Tanjung Palas
(TRIBUNKALTIM/DOAN PARDEDE)
Sebuah speedboat melintas di Sungai Kayan, dengan latar belakang objek wisata Gunung Putih yang ada di Kecamatan Tanjung Palas, Rabu (31/5/2017). 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Doan Pardede

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Ditetapkannya Kecamatan Tanjung Selor yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Bulungan menjadi Ibu Kota Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), sesuai pasal 7 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2012 tentang Pembentukan Provinsi Kaltara, membuat Pemkab Bulungan harus membangun pusat pemerintahan baru.

Proses Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Kota Tanjung Selor ini sendiri kini sudah bergulir di tingkat pusat.

Bupati Bulungan Sudjati di ruangannya, Kamis (31/5/2017) menyebut, Pemkab Bulungan sudah pernah mengusulkan agar pusat pemerintahan baru ini dibahas bersamaan dengan pembentukan DOB Kota Tanjung Selor. Namun karena beberapa alasan, hal itu tidak dilakukan.

"Memang pernah kita usulkan (dibahas) bersama-sama," ujarnya.

Kapan akan mulai dibahas ?, Sudjati mengaku belum bisa memberikan kepastian. Dia juga memastikan bahwa pembangunan pusat pemerintahan baru ini belum dibahas tahun 2017 ini. Secara umum, belum adanya pusat pemerintahan baru nantinya memang tidak akan berpengaruh sigifinikan pada jalannya pemerintahan.

"Tahun ini belumlah," imbuhnya.

Jika akhirnya mulai dibahas, hal-hal yang diperkirakan akan cukup menyita perhatian adalah pembuatan masterplan dan penyiapan lahan. Untuk lokasi, Kecamatan Tanjung Palas yang berada di seberang Tanjung Selor, menurutnya cukup layak.

Bahkan menurutnya, penunjukan Kecamatan Tanjung Palas sebagai pusat pemerintahan baru Kabupaten Bulungan sudah mengemuka sejak ditetapkannya Kecamatan Tanjung Selor, sebagai Ibu Kota Provinsi Kaltara.

"Dari awal itu memang Tanjung Palas," sebutnya.(*)

Penulis: Doan E Pardede
Editor: Achmad Bintoro
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved