Mulai Stabilnya Komoditas Dunia Bikin Ekspor Kaltara Meningkat

Program Tol Laut juga dinilai sebagai mesin penggerak pertumbuhan ekonomi daerah-daerah di luar pulau Jawa, seperti Kalimatan Utara.

Mulai Stabilnya Komoditas Dunia Bikin Ekspor Kaltara Meningkat
TRIBUN KALTIM/MUHAMMAD ARFAN
Peti kemas di pelabuhan barang Kayan I Tanjung Selor, Bulungan, Kalimantan Utara diabadikan beberapa waktu lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Meningkatkannya nilai ekspor Kalimantan Utara hingga mencapai surplus US$ 292,80 juta periode Januari-April 2017 dinilai tak lepas dari keberhasilan kebijakan pemerintah.

Kepala Bagian Perekonomian Biro Perekonomian Setprov Kalimantan Utara Hasan Basri mengemukakan, beberapa kebijakan paket ekonomi kabinet Jokowi-Jusuf Kalla sudah memberi kontribusi peningkatan bagi ekonomi nasional, khususnya di bidang industri.

Program Tol Laut juga dinilai sebagai mesin penggerak pertumbuhan ekonomi daerah-daerah di luar pulau Jawa, seperti Kalimatan Utara dan Kalimantan pada umumnya.

Sebelum tiba di Kalimantan Utara kapal pengangkut logistik "Tol Laut" berkapasitas 500 DWT/400 ton (dead wight tonnage atau bobot mati) berlayar dengan rute Tanjung Perak di Surabaya - Belang-Belang di Mamuju - Sangatta Kutai Timur - Sebatik di Nunukan - Tanjung Perak di Surabaya.

"Tol Laut juga sangat besar pengaruhnya di kawasan Indonesia Timur. Termasuk di wilayah Kalimantan Utara yang notabene masuk kawasan ALKI," sebut Hasan, Selasa (6/6/2017) pukul 14.20 Wita.

Paket-paket ekonomi dan kebijakan Tol Laut kata Hasan setidaknya membantu kelancaran distribusi keluar masuk barang yang diperlukan baik di daerah sendiri maupun daerah lain.

Mulai stabilnya harga komoditas unggulan seperti kelapa sawit atau CPO, dan batu bara dinilai sudah cukup menggairahkan investor untuk menambah kapasitas produksinya guna memenuhi permintaan pasar dunia.

"Jadi pelaku usaha kembali punya semangat tinggi melanjutkan usaha mereka di Kalimantan Utara. Ini tentu berimbas pada pertumbuhan ekonomi dan peningkatan ekspor," tuturnya. (*)

Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved