Daging Sapi, Bawang Putih, dan Cabai Sudah Turun Harga

Tidak hanya cabai dan bawang putih yang turun harga, daging ayam dan sapi juga mengalami penurunan secara drastis.

Daging Sapi, Bawang Putih, dan Cabai Sudah Turun Harga
TRIBUN KALTIM/GEAFRY NECOLSEN
Harga cabai yang sebelumnya menembus harga Rp 70 ribu per kilogram, kini turun menjadi Rp 50 ribu per kilogram. Tidak hanya cabai, bawang, daging ayam dan sapi juga mengalami penurunan harga. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Dua pekan bulan Ramadhan, secara mengejutkan, sejumlah harga kebutuhan pokok mengalami penurunan.

Pantauan Tribun di Pasar Induk Sanggam Adji Dilayas, harga cabai yang semula mencapai Rp 60 ribu, kini turun menjadi Rp 50 ribu hingga Rp 40 ribu per kilogram, tergantung kualitas atau kesegaran cabai.

“Sekarang harga cabai turun, ndak mahal lagi,” kata Masnah, pedagang di Pasar Sanggam, Jumat (9/6/2017). Masnah menjual cabai seharga Rp 50 ribu per kilogram. Menurutnya, penurunan drastis tersebut akibat melimpahnya pasokan cabai di pasaran.

Demikian pula dengan harga bawang putih yang sempat dijual dengan harga Rp 100 ribu. Bawang putih bahkan sempat hilang dari pasaran. Setelah masuknya pasokan dari luar daerah, harga bawang putih berangsur turun menjadi Rp 70 ribu dan kini hanya Rp 40 kilogramnya.

Tidak hanya cabai dan bawang putih yang turun harga, daging ayam dan sapi juga mengalami penurunan secara drastis. Daging ayam yang sebelumnya Rp 35 ribu per kilogram kini menjadi Rp 25 ribu saja.

Sedangkan daging sapi yang semula mencapai Rp 130 ribu per kilogam, kini hanya Rp 100 ribu hingga Rp 90 ribu per kilogram.

Turunnya harga daging sapi ini, diyakini sebagai dampak banyaknya daging beku impor yang beredar di pasaran.

Untuk menekan lonjakan harga daging sapi jelang Ramadhan, Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Berau mengandalkan daging beku impor.

Kepala Distanak Berau Suparno Kasim, mengatakan, jumlah sapi potong yang tersedia jumlahnya terbatas, sisanya untuk pengembangbiakan.

Oleh karena itu daging beku impor diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sekaligus menstabilkan harga daging sapi.

“Harga daging sapi biasa harganya sekitar Rp 130 ribu per kilogram, dengan daging sapi impor ini, pedagang tidak berani menaikan harga seenaknya,” ujar mantan Asisten IV Setkab Berau ini.

Dari Pantauan Tribun, hanya ikan basah yang harganya masih relatif tinggi. Pedagang beralasan, mahalnya harga ikan karena minimnya pasokan dari nelayan.

“Stok ikannya sedikit, karena cuaca di laut masih buruk,” kata seorang pedagang. (*)


Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved