Suhu Nyaris 50 Derajat Celcius

Suhu Nyaris 50 Derajat Celcius, Puluhan Jadwal Penerbangan Dibatalkan

Lebih dari 40 penerbangan dibatalkan setelah suhu udara di Phoenix, Arizona mencapai 49 derajat Celcius pada Selasa (20/6/2017).

Suhu Nyaris 50 Derajat Celcius, Puluhan Jadwal Penerbangan Dibatalkan
(Ralph Freso / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP )
Seorang pria menjual air dingin di sebuah perempatan sibuk di kota Phoenix, Arizona, AS, Selasa (20/6/2017). Akibat suhu udara yang mencapai hampir 50 derajat Celcius, puluhan penerbangan terpaksa dibatalkan. 

TRIBUNKALTIM.CO, PHOENIX - Lebih dari 40 penerbangan dibatalkan setelah suhu udara di Phoenix, Arizona mencapai 49 derajat Celcius pada Selasa 920/6/2017). Maskapai penerbangan American Airlines mengumumkan, terpaksa membatalkan puluhan pesawat yang akan lepas landas dari bandara Sky Harbor akibat suhu yang terlalu panas ini.

Stasiun telebisi Fox News mengabarkan, pembatalan itu menimpa sebagian penerbangan regional yang menggunakan pesawat Bombardier CRJ yang bisa diterbangkan dalam suhu maksimal 48 derajat Celcius.

Pada suhu yang lebih panas, udara memiliki densitas yang lebih rendah. Dengan densitas rendah mengurangi daya angkat sayap pesawat. Dengan kondisi seperti itu, mesin pesawat perlu tenaga dorong lebih agar pesawat bisa mengudara.

Dalam laporannya pada 2016, Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) memperingatkan suhu yang lebih panas akibat perubahan iklim dapat menyebabkan dampak buruk bagi pesawat yang akan lepas landas.

Akibat masalah ini, banyak negara Timur Tengah dan sebagian bandara yang terletak di dataran tinggi Amerika Selatan, baru menerbangkan pesawat pada malam hari di saat suhu lebih dingin.

Pesawat besar seperti Boeing 747 dan Airbus memiliki kemampuan terbang di dalam suhu udara yang lebih panas sehingga tidak terganggu dengan panasnya suhu udara Phoenix.

Pernyataan American Airlines kepada surat kabar The Arizona Republicmenyebutkan pesawat berbadan besar dapat terbang dengan dalamsuhu maksimum 53 derajat Celcius.

Sementara itu, suhu di atas 50 derajat Celcius diperkirakan bakal terjadi di Furnace Creek, Death Valley, California, dan sebagian daerah lainnya.

Pengelola taman nasiional The Death Valley mengeluarkan peringatan kepada para pengunjung untuk agar tidak mendaki bukit setelah pukul 10.00 waktu setempat.

 (Ervan Hardoko)

Berita ini telah diterbitkan Kompas.com dengan judul "Suhu Nyaris 50 Derajat Celcius, Puluhan Penerbangan Dibatalkan"

Editor: Maturidi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved