Siap-siap, September Depan Rumah Murah di Samarinda Masuki Fase Konstruksi

Diagendakan untuk Samarinda, akan dibangun 4.000 rumah, dengan harga jual mulai Rp 135 juta.

Siap-siap, September Depan Rumah Murah di Samarinda Masuki Fase Konstruksi
Shutterstock
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Anjas Pratama

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Tahun 2017 bisa menjadi tahun menarik bagi kalangan warga Samarinda yang hingga kini masih belum miliki rumah. Program rumah murah yang dikerjakan oleh PT. Jasa Abadi Mulia Sejahtera (JAMS) bersama BPJS Ketenagakerjaan disebut akan rampung pada September 2017 mendatang.

“Saat ini masih berlanjut sosialisasi di beberapa tempat, termasuk Samarinda dan Kuti,. Rencana ada dua Kabupaten/ Kota yang akan kami bangun rumah murah ini, yakni Samarinda dan Kutim. Samarinda
diagendakan jadi pilot project pertama, menyusul di Kutim, kawasan Maloy,” ujar Zulkifli, Direktur PT. JAMS, Kamis (29/6).

Diagendakan untuk Samarinda, akan dibangun 4.000 rumah, dengan harga jual mulai Rp 135 juta.

“Lahannya ada di Ring Road 3 Samarinda, berdekatan dengan RS SMC Samarinda. Paling cepat Agustus ini sudah mulai pematangan lahan, dilanjutkan pembangunan di September. Kami juga agendakan penyerahan unit oleh Gubernur di Oktober ini,” ujar Zulkifli.

Beberapa keuntungan yang ditawarkan menjadi nilai jual dari rumah murah yang juga bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam hal pembelian kredit tersebut.

Sebagai informasi, lokasi pembangunan rumah PT. JAMS adalah di Ring Road 3 Samarinda. Di lokasi ini, akan dibangun sekitar 4.000 unit rumah, terbagi atas tiga tipe, yani tipe rumah 36 MBR seharga Rp 135 juta, kemudian tipe 36 non MBR seharga Rp 175 juta, serta tipe 40 non MBR, seharga Rp 190 juta.

Proses pembelian melibatkan BPJS Ketenagakerjaan Samarinda, dimana masyarakat yang berhak mengikuti program ini adalah mereka yang telah bergabung kepesertaan dengan BPJS Ketenagakerjaan.

“Salah satu kemudahan adalah DP rumah yang hanya 1 persen. Jadi harga rumah Rp 135 juta untun MBR, masyarakat cukup membayar Rp 1,3 jutaan sebagai uang muka. Sisanya bisa melakukan cicilan, dengan periode 10 hingga 20 tahun. Kisaran cicilan pun murah, yakni Rp 1,4 juta / bulan untuk jangka waktu 10 tahun, serta Rp 882 ribu/ bulan untuk jangka waktu 20 tahun,” ujar Zulkifli.

Meski demikian, khusus untuk rumah tipe 36 MBR, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, yakni standar pendapatan maksimal hanya Rp 4 juta. Ini karena rumah tipe MBR ini ditujukan bagi mereka yang sampai saat ini masih belum memiliki fasilitas papan.

“Ada standarnya. Gaji maksimal Rp 4 juta. Nantinya, dari total 4.000 rumah tersebut, 50 persen diantaranya adalah untuk tipe 36 MBR. Jadi, di Ring Road 3 Samarinda, nantinya akan ada 2.000 rumah yang ready dengan harga hanya Rp 135 juta. Tipe rumahnya adalah rumah tapak, bukan rumah susun,” katanya. (*)

Penulis: Anjas Pratama
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved