Rencana Pemindahan Ibu Kota Negara

DPRD Dukung Gubernur agar Kaltim Jadi Ibu Kota Negara

Misalnya, fasilitas penunjang bandara berskala internasional di Balikpapan, pelabuhan (angkutan penumpang/barang) dan jalur tol lintas kabupaten/kota.

DPRD Dukung Gubernur agar Kaltim Jadi Ibu Kota Negara
kompasiana
Ilustrasi - Kota Balikpapan dilihat dari udara. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Ketua DPRD Kaltim H Syahrun mendukung rencana Gubernur Awang Faroek Ishak melobi ke Presiden Joko Widodo, terkait wacana pemindahan ibu kota Negara ke Kalimantan. Tetapi perlu ada kajian secara konprehensif atau menyeluruh.

"Prinsipnya, saya mendukung kalau Kaltim dianggap layak jadi ibu kota Negara. Tetapi, harus dilakukan kajian-kajian yang mendukung pemindahan ibukota. Misalnya lokasinya, luas lahan, dan fasilitas penunjang lainnya," kata Syahrun yang akrab disapa Alung, sebelum bertolak ke Jakarta, Rabu (12/7/2017).

Kaltim sebagai kandidat calon ibu kota Negara dinilai sudah memenuhi kelayakan. Misalnya, fasilitas penunjang bandara berskala internasional di Balikpapan, pelabuhan (angkutan penumpang/barang) dan jalur tol lintas kabupaten/kota.

Baca: Manfaatkan Kedatangan Presiden, Gubernur Awang Sodorkan Peta Kaltim untuk Jadi Ibu Kota Negara

Alung yakin jika Kaltim dipilih menjadi tempat pemindahan ibu kota Negara, lembaga legislatif mendukung.

"Mungkin tidak hanya DPRD, tapi rakyat Kaltim akan mendukung. Karena memiliki dampak luas," jelasnya.

Misalnya, secara ekonomi dan pembangunan infrastruktur akan dipusatkan di wilayah Kaltim.

"Seperti kantor pemerintah pusat dan sarana lainnya, pasti menyiapkan bangunan baru. Kita berharap Bappenas mempertimbangkan wilayah Kaltim sebagai jadi pilihan tempat ibu kota Negara," tambahnya.

Terpisah, Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kaltim, Bidang Pemerintahan dan Hukum, Zein Taufiq Nurrohman mengatakan, jika memang ada keinginan pemerintah pusat memindahkan Ibukota Negara ke Kaltim disarankan para kepala daerah se-Kaltim menemui Presiden Jokowi dan tim Bappenas.

Baca: Gubernur Awang: Kaltim Siap Jadi Ibu Kota Negara, Ini Kawasan yang Diusulkan

Kata dia, pasti ada dampak positifnya dari berbagai aspek. Seperti aspek pembangunan dan pertumbuhan ekonomi.

"Akan berdampak positif pada pembangunan Kaltim dari berbagai aspek. Kalau perlu gubernur beserta bupati/walikota se Kaltim bareng-bareng nemuin Presiden dan tim yang dibentuk Bappenas," kata Zein, kepada Tribun, Rabu (12/7/2017).

Jika memang Provinsi Kaltim dipastikan sebagai wilayah yang ditunjuk menjadi Ibukota Negara tinggal mereview tata ruang.

"Kan tinggal di review kembali tata ruang Kaltim. Masalah lokasi, kan banyak memiliki ruang atau lahan. Tinggal dikaji saja mana lokasi atau wilayah yang paling cocok," ucapnya. (*)

Penulis: Budhi Hartono
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved