Rencana Pemindahan Ibu Kota Negara

Gubernur Awang Siap Kaltim Jadi Ibu Kota Negara, Presiden Jokowi? Nanti Dulu

Seorang anggota DPR RI Dapil Kaltim-Kaltara menyatakan, bahwa Kaltim cocok sebagai ibukota karena geografisnya berada di tengah.

Gubernur Awang Siap Kaltim Jadi Ibu Kota Negara, Presiden Jokowi? Nanti Dulu
geospasial
Ilustrasi - Peta Kalimantan 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Wacana pemindahan ibu kota Negara RI dari Jakarta, salah satu lokasinya ke Kalimantan mendapat tanggapan dari berbagai pihak.

Seorang anggota DPR RI Dapil Kaltim-Kaltara menyatakan, bahwa Kalimantan Timur (Kaltim) cocok sebagai ibu kota karena geografisnya berada di tengah.

Tidak hanya itu, Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak pun sama. Dia mengemukakan, Balikpapan satu di antara kota di Kaltim, yang paling siap menjadi ibu kota Negara.

Hal ini dia pun tegaskan saat penyerahan sertifikat tanah di gedung BSCC/Dome yang juga dihadiri Presiden Joko Widodo, Kamis (13/7/2017).

Baca: Manfaatkan Kedatangan Presiden, Gubernur Awang Sodorkan Peta Kaltim untuk Jadi Ibu Kota Negara

Menurut Awang, Balikpapan sangat bisa menjadi ibu kota Negara menggantikan Jakarta.

Seandainya dipilih sebagai ibu kota, tentu saja siap. Mengingat beragam infrastruktur tersedia seperti di antaranya bandara udara internasional, penggarapan jalan tol, pelabuhan dan masih banyak lahan-lahan yang tersedia. 

"Berapa pun besar lahan yang dibutuhkan, kami siap untuk fasilitasi," tegas Awang.

Mengenai usulan itu, Presiden Jokowi menanggapinya. Kaltim bisa saja berpotensi menjadi ibu kota namun dirinya tidak bisa memastikan. Potensinya memang ada tapi belum tentu juga.

"Nanti saya bilang bisa tapi ternyata tidak jadi, bisa tidak enak," katanya.

Presiden menjelaskan, wacana pemindahan ibu kota sudah dibahas. Melakukan ini tentu saja memerlukan kalkulasi yang matang.

"Saya sudah sampaikan ke Gubernur Kaltim mengeni ibu kota Negara, saya tidak mau menyinggung itu dulu, karena masih kajian," ungkapnya.

Baca: Ibu Kota Negara Direncanakan Pindah, Masyarakat Kaltim Diminta Jangan Euforia Dulu

Menurut dia, sekarang ini ada tiga provinsi yang sedang dibahas untuk dijadikan ibu kota. Namun belum bisa menebak secara spesifik tiga provinsi dimaksud.

"Tidak saya buka di sini. Kalau saya buka sekarang, di Kaltim misalnya Berau, nanti semua orang akan beli tanah di sana. Harga tanah langsung melambung," tandasnya. (*)

Penulis: Budi Susilo
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved